Salin Artikel

Timbun 1.670 Liter Solar, Warga di Perbatasan Indonesia-Timor Leste Ditangkap Polisi

Warga yang tinggal di perbatasan Indonesia dan Timor Leste itu, ditangkap karena menimbun Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar sebanyak 1.670 liter di sebuah gudang di Kelurahan Manumutin, Kecamatan Kota Atambua, Kabupaten Belu.

"Pelaku ini (PA) ditangkap Minggu (4/9/2022) kemarin," ujar Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah NTT Komisaris Besar Ariasandy, kepada Kompas.com, Senin (5/9/2022).

Ribuan liter solar itu, lanjut Ariasandy, disimpan dalam sembilan drum.

Ariasandy menjelaskan, pembongkaran gudang milik PA yang menimbun BBM bersubsidi ini berdasarkan adanya informasi dari masyarakat.

Dari sembilan drum, delapan drum di antaranya berisi masing-masing 200 liter dan satu drum berisi 70 liter.

Modus

Dia menyebutkan, modus penimbunan BBM bersubsidi tersebut yakni pelaku datang ke setiap Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum (SPBU) menggunakan satu unit dump truk dengan membeli solar dengan harga per liter Rp 6.850.

Setelah tangki mobil penuh, pelaku membawanya ke gudang dan memindahkan ke jeriken. Selanjutnya BBM ditempatkan dalam drum.

"Perbuatan pelaku tersebut dilakukan secara berulang dengan berpindah-pindah SPBU hingga tertampung sebanyak sembilan drum," ujar dia.



Rencananya lanjut Ariasandy, solar itu akan dibawa ke proyek pembangunan jalan di desa Pebulak, Kecamatan Lamaknen Selatan, Kabupaten Belu.

Solar itu akan diisikan di empat mobil truk, yang akan digunakan untuk memuat material atau agregat dari asphal Mixing Plant (AMP) yang ada di Wedomu dan diantar ke proyek pembangunan jalan di Desa Pebula, Kabupaten Belu.

Saat ini, PA dan barang bukti solar telah diamankan di Polres Belu, untuk proses hukum lebih lanjut.

https://regional.kompas.com/read/2022/09/05/204310078/timbun-1670-liter-solar-warga-di-perbatasan-indonesia-timor-leste-ditangkap

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke