Salin Artikel

Sitinjau Lauik Longsor Lagi, Jalur Penghubung Padang-Solok Putus 1,5 Jam

PADANG, KOMPAS.com - Longsor kembali terjadi di kawasan Sitinjau Lauik, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, Sumatera Barat, Senin (5/9/2022).

Akibatnya akses jalan nasional yang menghubungkan Padang-Solok itu terputus total sekitar 1,5 jam dari pukul 13.30 WIB hingga 15.00 WIB.

"Material longsor jatuh menimpa satu mobil truk yang mengakibatkan kaca depan pecah. Beruntung tidak ada korban jiwa," kata Kapolsek Lubuk Kilangan Kompol Lija Nesmon yang dihubungi Kompas.com, Senin.

Lija mengatakan, material longsor bukan hanya tanah dan bebatuan saja, namun juga sejumlah pohon yang tumbang sehingga mengganggu arus lalu lintas.

"Saat kejadian, kita langsung tutup arus lalu lintas guna membersihkan material longsor dan evakuasi truk yang tertimpa longsor," jelas Lija.

Berselang 1,5 jam material longsor sudah bersih dan truk sudah dievakuasi sehingga arus lalu lintas kembali lancar.

Menurut Lija, kawasan Sitinjau Lauik merupakan salah satu lokasi yang rawan longsor sehingga pihaknya menyiagakan personil untuk antisipasi kemacetan.

Selain itu, petugas dari Dinas PU juga stand by di lokasi dengan empat alat berat berupa buldozer dan excavator.

"Kita siaga karena memang daerah itu rawan longsor. Nah, jika terjadi longsor kita langsung turun," kata Lija.

https://regional.kompas.com/read/2022/09/05/174954578/sitinjau-lauik-longsor-lagi-jalur-penghubung-padang-solok-putus-15-jam

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke