Salin Artikel

Penerbangan di Nduga Mulai Disubsidi, Tiket Rp 2 Juta Jadi Rp 300.000

JAYAPURA, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nduga, Papua, mulai memberikan subsidi penerbangan bagi masyarakat yang hendak berpergian dengan beberapa rute yang ditentukan.

Program tersebut berlaku pada penerbangan pesawat tipe pilatus dan caravan milik PT Assosiated Mission Aviation (AMA).

"Selama ini masyarakat mengeluh harga tiket mahal. Makanya saat ini kami buat program tersebut supaya masyarakat bisa terbantu," ujar Penjabat Bupati Nduga, Namia Gwijangge, melalui keterangan tertulis, Senin (5/9/2022).

Melalui subsidi itu, harga tiket pesawat di Nduga turun drastis.

Namia menyebut, sebelum disubsidi, tarif normal penerbangan antar-distrik di Nduga atau Kenyam-Mimika bisa mencapai Rp 2 juta per orang. Namun, dengan subsidi tersebut, tarif penerbangan turun cukup jauh.

"Tarif tiket pesawat subsidi sendiri sebesar Rp 300.000 untuk dewasa dan Rp 200.000 untuk anak-anak," kata Namia.

Subsidi penerbangan di Kabupaten Nduga ini akan melayani sejumlah rute penerbangan. Yakni, rute Timika-Kenyam-Paro, Yeretma-Yuguru-Kuyawage. Subsidi berlaku pulang pergi setiap hari menggunakan pesawat caravan.

Kemudian yang menggunakan pesawat pilatus akan melayani rute Wamena-Kenyam-Gearek-Kilmid-Alama dan rute Iniye-Pilini-Sipogol-Enggolok-Musiarem.

Menurut Namia, program subsidi penerbangan ini sangat penting bagi warga Nduga karena hampir seluruh distrik di wilayah yang masih rawan gangguan keamanan tersebut belum bisa diakses dengan jalur darat.

"Pemimpin harus mendengar dan dapat memberikan solusi-solusi persoalan yang dihadapi masyarakat dan hal inilah yang saya selalu berusaha lakukan," tuturnya.


Bob Kayadu, salah satu warga Nduga, mengaku sangat antusias dengan program subsidi penerbangan. Sebab, selama ini masyarakat kesulitan untuk berpergian.

Menurut Bob, penerbangan menjadi solusi paling praktis karena dibutuhkan waktu berhari-hari untuk masyarakat pergi ke ibu kota Nduga di Distrik Kenyam dengan berjalan kaki.

"Selama ini kalau masyarakat ada keperluan terpaksa jalan kaki, bisa 3 sampai 4 hari baru sampai. Kalau yang punya uang bisa naik pesawat yang harganya mahal dan jadwalnya tidak rutin," tutur Bob.

Karenanya, ia berharap program tersebut bisa terus ada sampai akses transportasi darat dapat terbuka.

"Kalau boleh subsidi ada terus sampai ada jalan dibuka," ungkapnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/09/05/134617878/penerbangan-di-nduga-mulai-disubsidi-tiket-rp-2-juta-jadi-rp-300000

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke