Salin Artikel

Viral Video Guru Bersihkan Kutu, Puluhan Siswa SD di Karanganyar Ikuti Keramas Massal

Keramas massal digelar bertepatan dengan "Gerakan Jumat Bersih". Selain itu juga karena viralnya aksi guru SD Negeri 1 Sewurejo, Zera Ayu Fatmawati di media sosial TikTok yang membersihkan ratusan kutu yang bersarang di rambut didiknya, Tamara Dewi Wulandari (10).

Kemudian video itu, diunggah ulang oleh artis Baim Wong serta beberapa akun di sejumlah media sosial.

Kepala SDN 1 Sewurejo, Sudarsi menjelaskan, kegiatan dibagi menjadi dua tempat. Untuk murid putra keramas massal di halaman sekolah. Sedangkan murid putri mengikuti keramas massal di kamar mandi.

Lanjutnya, kegiatan keramas massal sebagai antisipasi para anak didik tidak terkena kutu rambut.

"Gerakan ini menindaklanjuti kejadian kemarin, soal kutu (rambut). Tadi ada kiriman dari Bupati paket sabun, sikat gigi dan sampo. Ada juga bantuan obat anti keramas dari pihak ketiga," kata Sudarsi, Jumat (2/9/2022).

Keramas massal merupakan program baru dan direncanakan menjadi agenda rutin sekolah. Rencananya dalam waktu satu atau dua bulan akan digelar kegiatan keramas, gosok gigi atau lainnya.

Selain itu, gerakan ini sebagai upaya peningkatan kebersihan siswa. Lalu juga menekankan kepada para guru kelas agar memperhatikan kesehatan siswa.

Menurutnya kesehatan murid turut berpengaruh terhadap proses pembelajaran. Misalnya saja jika kepala gatal akan menggangu konsentrasi belajar, 

"Kebersihan anak setiap hari dicek, seperti kuku, cuci tangan. Kalau rambut kan susah mengeceknya ada kutu atau tidak," ucapnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/09/02/161427078/viral-video-guru-bersihkan-kutu-puluhan-siswa-sd-di-karanganyar-ikuti

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke