Salin Artikel

Kapolda Bengkulu Perintahkan Bhabinkamtibmas Bantu Tanggap Darurat Banjir

BENGKULU, KOMPAS.com - Kapolda Bengkulu Irjen Pol. Agung Wicaksono perintahkan jajaran terendahnya yakni Bhabinkamtibmas untuk membantu desa/kelurahan terdampak bencana banjir serta longsor.

Hal ini ditegas Kapolda saat mengunjungi sejumlah wilayah banjir di Bengkulu, Kamis (1/9/2022).

"Pada para Bhabinkamtibmas untuk berperan aktif membantu perangkat desa/kelurahan serta memberi edukasi masyarakat untuk waspada menghadapi cuaca ekstrem yang masih berlangsung beberapa waktu ke depan," ujar Agung.

Kapolda mengharapakan peran serta perangkat desa atau kelurahan setempat yang juga dibantu oleh Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa untuk terus memberikan bantuan dan edukasi kepada masyarakat untuk tetap waspada mengingat cuaca ekstrim masih berlangsung beberapa hari ke depan.

Selain menginstruksikan jajarannya Kapolda juga membagikan 2.050 paket Sembako pada korban banjir di Provinsi Bengkulu, Kamis (1/9/2022).

Kapolda didampingi oleh Ketua Bhayangkari Daerah Bengkulu Ria Agung Wicaksono beserta pengurus, Wakapolda Bengkulu Brigjen Pold Umardani, dan Pejabat Utama Polda Bengkulu.

"Tiga lokasi banjir yang dikunjungi Kapolda Bengkulu di antaranya di Kelurahan Sukamerindu Kota Bengkulu, Mako Satbrimob Polda Bengkulu, dan Desa Nakau Kabupaten Bengkulu Tengah. Total 2.050 paket sembako diberikan Kapolda secara simbolis kepada warga setempat serta anggota Satbrimobda Polda Bengkulu yang juga terkena dampak banjir," ujar Kabid Humas Polda Bengkulu, Kombes. Pol. Sudarno dalam rilisnya pada kompas.com, Kamis (1/9/2022).

Kapolda menyampaikan keprihatinannya dan empati untuk masyarakat yang terkena musibah. Ia berharap dengan kunjungan dan bantuan ini dapat memberikan bantuan baik secara moril maupun materil kepada warga yang tengah bersusah.

“Kami turut empati kepada masyarat yang terkena musibah. Rencana hari ini ada tiga titik pemberian bantuan sembako di kota 1.000 sembako, di brimob 50 sembako dan di Benteng sebanyak 1.000 sembako,” jelas Kapolda.

Hingga Kamis (1/9/2022) sore, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bengkulu mencatat terdapat 5.316 Kepala Keluarga (KK) rumahnya terendam banjir.

Banjir menerpa 7 kabupaten di Bengkulu. Kekurangan Sembako dan air bersih juga menjadi keluhan pengungsi di Kota Bengkulu.

https://regional.kompas.com/read/2022/09/02/113134478/kapolda-bengkulu-perintahkan-bhabinkamtibmas-bantu-tanggap-darurat-banjir

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke