Salin Artikel

Surya Paloh soal Pertemuan dengan Puan: Komunikasi Batiniah

Pertemuannya dengan Puan di NasDem Tower, disebut-sebut menjadi komunikasi politik untuk mempertimbangkan arah koalisi di Pemilu 2024 mendatang.

Surya mengakui ada komunikas politik saat perjumpaannya dengan Puan.

Meski demikian, perjumpaannya tidak bisa dibaca dengan kaca formal saja, ada komunikasi lain yang terjadi sebab Surya Paloh sudah mengenal keluarga Puan Maharani puluhan tahun.

"Ya komunikasi batiniah itu ada, verbal juga ada. Itu terangkum. Antara Mbak Puan dan saya ini kan bukan 2, 3, 5, 10 tahun kenal. Tapi sudah puluhan tahun kenal. Ukuran yang cukup panjang saya mengenal keluarga Mbak Puan. Jadi memang seperti saya katakan tadi komunikasi formal dan verbal emosional jadi satu," ungkap Surya saat ditemui di Lembang, Bamdung Barat, Kamis (1/9/2022).

Meski sudah ada komunikasi politik, Surya Paloh belum mau mengungkap secara gamblang apa yang hendak dilakukan antara NasDem dan PDI-P.

Surya Paloh menyebut, pertemuannya dengan Puan itu menjadi pilihan-pilihan untuk mengambil sikap Partai NasDem pada Pemilu 2024.

"Jadi banyak probability yang kita lihat kedepan sana. Semuanya dimaksudkan untuk mengambil pilihan-pilihan terbaik diawali dengan niat baik," ujar Surya.

Pada 2024, menurut Surya Paloh, menjadi tahun penentu nasib Partai NasDem ke depan.

Oleh karenanya, Partai NasDem memilih tidak terlalu terburu-buru dalam menentukan sikap politik.

"Kami mempersiapkan sungguh-sungguh agar Pemilu 2024 nanti (NasDem) naik kelas. Kalau sekarang klasifikasi sebagai partai urutan ke empat, jadi harus naik kelas bisa barangkali ke dua kalau enggak ke satu. Lebih realistis bisa menempatkan posisi runner up," sebutnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/09/02/084441178/surya-paloh-soal-pertemuan-dengan-puan-komunikasi-batiniah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke