Salin Artikel

Beda dengan Data Pusat, Dinkes Temukan 1.002 Anak di Padang Alami Stunting

PADANG, KOMPAS.com - Sebanyak 1.002 anak di Kota Padang Sumatera Barat mengalami stunting. Sejumlah langkah dipersiapkan oleh Pemerintah Kota Padang untuk menekan jumlah stunting.

"Berdasarkan data dari pusat, pada tahun 2021 lalu ada sekitar 3.200 anak yang terkena stunting. Namun setelah kita validasi ke lapangan pada tahun ini cuma ada sebesar 1.002 anak," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang Srikurnia Yati, Rabu (31/8/2022) kepada sejumlah wartawan.

Lebih jauh dikatakan Srikurnia, ada beberapa alasan yang menyebabkan perbedaan tersebut. Salah satunya cara penimbangan anak.

"Saat kami turun ke lapangan dibantu kader kelurahan dan kecamatan, ternyata ada perbedaan dicara penimbangan anak itu. Salah satunya standar di alat timbangan," katanya.

Yati mengatakan, Pemerintah Kota Padang bertekad untuk menekan angka stunting. Sejumlah langkah sudah dipersiapkan.

"Sudah dilakukan pemetaan. Kita melibatkan OPD yang terkait untuk mengatasi stunting ini. OPD tersebut bergerak sesuai dengan fungsi dan kewenangannya. Seperti DP3AP2KB mencarikan orang tua asuh," ujarnya.

Selain itu juga dilakukan pemberdayaan kepada masyarakat dengan cara mengubah prilaku masyarakat, mulai dari calon pengantin, ibu hamil, sampai ibu nifas.

"Kita utamakan ibu hamil harus kontak dengan tenaga kesehatan. Kemudian mengedukasi orang tua agar memberikan gizi seimbang pada anaknya," katanya.

https://regional.kompas.com/read/2022/08/31/160124078/beda-dengan-data-pusat-dinkes-temukan-1002-anak-di-padang-alami-stunting

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke