Salin Artikel

[POPULER NUSANTARA] Penimbunan BBM Bersubsidi di Bogor | 11 ABK Teman Niaga Hilang di Selat Makassar

KOMPAS.com - Gudang penimbunan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, digerebek polisi.

Di tempat tersebut, polisi menemukan ribuan liter BBM bersubsidi jenis pertalite dan solar.

Dalam penggerebekan ini, polisi menangkap satu orang berinisial DM alias Z (35) yang diduga mengangkut BBM dari SPBU menggunakan kendaraan modifikasi.

Berita lainnya, Kapal Motor (KM) Teman Niaga tenggelam di Selat Makassar pada Senin (22/8/2022).

Akibat kejadian tersebut, anak buah kapal (ABK) KM Teman Niaga terjatuh ke laut.

Hingga saat berita ini ditulis, baru ada empat ABK yang berhasil diselamatkan. Sedangkan, 11 lainnya masih dalam pencarian.

Berikut berita-berita yang menjadi sorotan pembaca Kompas.com pada Senin (29/8/2022).

Ribuan liter BBM bersubsidi jenis pertalite dan solar ditemukan polisi saat menggerebek sebuah rumah yang digunakan sebagai gudang penimbunan, Jumat (26/8/2022).

Polisi mendapati barang bukti berupa 8 drum kapasitas 200 liter berisi solar, 18 jeriken berkapasitas 35 liter berisikan pertalite, 11 drum kosong, dan 1 unit mobil untuk pengangkut solar berkapasitas 1.900 liter.

Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasat Reskrim) Kepolisian Resor (Polres) Bogor AKP Siswo DC Tarigan mengatakan, penggerebekan ini bermula dari laporan masyarakat.

"Kanit Tipiter Iptu Naufalsyauqi Muhammad S.Tr.K bersama anggota Unit Tipitter Polres Bogor langsung melakukan lidik ke tempat yang diduga terdapat penyalahgunaan BBM solar dan pertalite itu," ujarnya, Minggu (28/8/2022).

Adapun rumah yang digunakan sebagai gudang penimbunan BBM itu berada di Desa Sukatani, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor.

Baca selengkapnya: Pria di Bogor Timbun Ribuan Liter BBM Bersubsidi, Keliling SPBU Pakai Kendaraan Modifikasi

Tim SAR terus mencari 11 ABK yang hilang dalam peristiwa tenggelamnya KM Teman Niaga di Selat Makassar.

Kepala Sub Seksi Operasi Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin Amri Zuna Kurniawan menuturkan, operasi penyelamatan ini melibatkan kapal KN SAR Laksmana 241.

Bakamla menerjunkan KN Ular Laut 405. Sedangkan TNI Angkatan Laut mengirim dua Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) dari Koarmada II, yaitu KRI Tongkol 813 dan KRI Ajak 653.

Tim akan terus melakukan operasi penyelamatan selama tujuh hari, sejak informasi diterima pada Jumat (26/8/2022) pukul 19.20 Wita.

Amri menjelaskan, titik operasi pencarian akan diperluas hingga 83 nautical mile (NM) dari penemuan korban selamat.

"Sepanjang hari Minggu tim belum menemukan korban dengan area pencarian diperluas hingga 83 nautical mile (NM) dari penemuan korban selamat," ucapnya.

Baca selengkapnya: 11 ABK KM Teman Niaga Hilang di Selat Makassar, 2 Kapal Perang TNI AL Diterjunkan

Syintya Monica (21), perempuan asal Balikpapan, Kalimantan Timur, terserang penyakit Bell's Palsy.

Pengalamannya itu ia bagikan lewat akun TikTok, @m.nassaprvt. Syintya menerangkan, sebelum terserang Bell's Palsy, ia kerap menghadapkan wajahnya ke AC atau kipas angin.

Lama-kelamaan, Monica mulai merasakan perbedaan pada wajahnya. Lalu, sebagian mukanya menjadi kaku pada Minggu (15/5/2022).

Monica lantas memeriksakan kondisinya ke Puskemas. Ia kemudian dirujuk ke rumah sakit. Menurut pemeriksaan dokter di rumah sakit, Monica terkena penyakit Bell's Palsy.

"Saya sedikit kaget dan panik, saya pikir (terserang) stroke karena sebelumnya belum pernah tahu kalau ada penyakit yang namanya Bell's Palsy," ungkapnya, Senin.

Baca selengkapnya: Kisah Perempuan Asal Balikpapan yang Terserang Penyakit Bells Palsy karena Sering Gunakan Kipas Angin

Mal terbesar di Indonesia ternyata bukan berada di Jakarta, melainkan Surabaya, Jawa Timur. Mal tersebut adalah Pakuwon Mall.

Direktur Utama Pakuwon Group sekaligus Anggota Dewan Pembina Asosiasi Pengusaha Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Alexander Stefanus Ridwan menerangkan,
luas area sewa atau nett leasable area (NLA) efektif Pakuwon Mall Surabaya adalah 200.000 meter persegi atau sekitar 18 hektar.

"Dengan NLA seluas ini, menjadikannya sebagai mal terbesar dan terluas di Indonesia," tuturnya.

Didirikan pada 2003, mal ini awalnya bernama Supermall Pakuwon yang kemudian diubah menjadi Pakuwon Mall pada tahun 2017.

Selain menawarkan produk dari berbagai tenant, Pakuwon Mall Surabaya menyediakan banyak fasilitas bagi pengunjungnya, termasuk ballroom, convention center, dan atrium multifungsi.

Baca selengkapnya: Bukan di Jakarta, Mal Terbesar di Indonesia Ada di Surabaya, Luasnya 200.000 Meter Persegi

Masril Ardi sempat ditahan selama hampir sebulan di Polda Metro Jaya lantaran terjerat Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Sebelumnya, ia mengunggah konten ke TikTok tentang jaringan perjudian yang diduga melibatkan Irjen Ferdy Sambo.

Selama ditahan di Polda Metro, Masril mengaku bertemu dengan Roy Suryo. Ia mendapat nasihat dari mantan Menteri Pemuda dan Olahraga itu.

"Sempat bertemu Roy Suryo dan ia berpesan agar berhati-hati dalam bermedia sosial. Kebetulan kami saling follow di Twitter," bebernya.

Pria asal Pekanbaru, Riau, itu dibebaskan lewat restorative justice. Ia bebas pada Sabtu (26/8/2022) setelah pengajuan penangguhan penahanan dikabulkan.

Baca selengkapnya: Pria Pengunggah Konten Ferdy Sambo Dapat Nasihat Roy Suryo Saat Ditahan: Hati-hati Bermedia Sosial

Sumber: Kompas.com (Penulis: Kontributor Bogor, Afdhalul Ikhsan | Editor: Pythag Kurniati, Michael Hangga Wismabrata, Muhamad Syahrial, Farid Assifa)

https://regional.kompas.com/read/2022/08/30/061600078/-populer-nusantara-penimbunan-bbm-bersubsidi-di-bogor-11-abk-teman-niaga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke