Salin Artikel

Dampak Gempa Mentawai, Bangunan SD Roboh hingga 500 Warga Mengungsi ke Bukit

PADANG, KOMPAS.com - Dampak gempa M 6,1 di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat yang terjadi pada Senin (29/8/2022) pukul 10.29 WIB, sebuah bangunan Sekolah Dasar (SD) di Mentawai roboh.

Selain itu, satu puskesmas, satu bangunan Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan gereja mengalami rusak ringan.

BPBD Mentawai juga mencatat, sedikitnya 500 warga terpaksa mengungsi ke dataran tinggi, yakni ke perbukitan.

"Update sementara dilaporkan satu bangunan SD roboh, kemudian tiga bangunan rusak ringan," kata Kepala BPBD Mentawai Novriadi yang dihubungi Kompas.com, Senin (29/8/2022).

Novriadi mengatakan bahwa bangunan sekolah rusak berat itu adalah SD Negeri 11 yang terletak di Desa Simalegi, Kecamatan Siberut Barat.

Di lokasi yang sama, juga terdapat tiga bangunan kerusakan ringan di antaranya SMP Negeri 3 Simalegi, Puskesmas Betaet, dan sebuah gereja.

"Selain kerusakan, sekitar 500 warga juga sudah mengungsi dan memilih bertahan di perbukitan. Mereka berada di tiga titik lokasi," kata Novriadi.

Novriadi mengaku bahwa lokasi perbukitan tersebut langsung dijadikan tempat pengungsian. Pihaknya sudah mendirikan tenda pengungsian darurat dan dapur umum untuk melayani warga.

https://regional.kompas.com/read/2022/08/29/150456178/dampak-gempa-mentawai-bangunan-sd-roboh-hingga-500-warga-mengungsi-ke-bukit

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke