Salin Artikel

Dibantu 4 KRI, Pencarian 11 ABK KM Teman Niaga yang Tenggelam di Selat Makassar Belum Berhasil

BATULICIN, KOMPAS.com - Hari ketiga pencarian 11 anak buah kapal (ABK) Kapal Motor (KM) Teman Niaga di Selat Makassar belum membuahkan hasil.

Kepala Basarnas Banjarmasin, Al Amrad mengatakan, pencarian yang dilakukan hingga Minggu (28/8/2022) belum membuahkan hasil.

"Hingga Minggu atau hari kelima setelah tenggelam belum membuahkan hasil, masih nihil," ujar Al Amrad kepada wartawan, Minggu malam.

Selain KN SAR Laksmana 142, pencarian 11 ABK KM Teman Niaga, kata Amrad, juga melibatkan 4 KRI dengan melakukan penyisiran wilayah perairan Tanah Bumbu dan Kotabaru.

"Bersama Bakamla KN Ular Laut, KRI Tongkol, dan KRI Ajak berpencar melakukan penyisiran pencarian mulai dari Pelabuhan Samudera Tanah Bumbu," jelasnya.

Untuk titik koordinat tenggelamnya KM Teman Niaga, Al Amrad tidak bisa memastikan dan hanya berdasarkan keterangan dari salah satu dari 4 ABK yang selamat.

"Jadi kita masih menggali informasi dari korban yang sudah bisa diajak komunikasi dimana lokasi tenggelamnya," tambahnya.

Diberitakan sebelumnya, KM Teman Niaga dilaporkan tenggelam di Selat Makassar pada Selasa (22/8/2022) saat berlayar dari Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan (Kalsel) menuju Biring Kassi, Sulawesi Selatan (Kalsel).

KM Teman Niaga baru diketahui tenggelam 3 hari kemudian setelah 4 ABK berhasil ditemukan selamat mengapung oleh kapal roro Dharma Fery III yang kebetulan melintas di Selat Makassar dalam pelayaran dari Pare-pare, Sulsel menuju Batulicin, Kalsel.

KM Teman Niaga diketahui mengangkut semen dengan 15 ABK.

Berikut identitas 15 ABK KM Teman Niaga, baik yang dalam pencarian maupun yang ditemukan selamat.

Korban Hilang

1. Wagirin (Nakhoda)

2. Victor Agustinus (Mualim I)

3. Sunarto (Mualim II)

4. Eddy Hayani S (KKM)

5. Poniman (Masinis II)

6. Alfian Septiyanto (Masinis III)

7. Kenedi (Juru Minyak)

8. Indarrobit Afnani (Juru Minyak)

9. Reynaldo Mangerongkonda (Juru Minyak)

10. Muhammad Fatir Maulana (Kelasi)

11. Muhammad Adam Septi

Korban Selamat

1. Nama : Muhdi Mufazzan, 24 tahun, Laki-laki

2. Nama : Amir Efendi Umur, laki-laki 22 tahun

3. Nama : Roihan Hariri, 19 tahun, laki-laki

4. Nama : Husniwati, 20 tahun Perempuan

https://regional.kompas.com/read/2022/08/29/072957178/dibantu-4-kri-pencarian-11-abk-km-teman-niaga-yang-tenggelam-di-selat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke