Salin Artikel

Pencarian 11 ABK KM Teman Niaga Terus Diperluas

"Sepanjang hari Minggu tim belum menemukan korban dengan area pencarian diperluas hingga 83 nautical mile (NM) dari penemuan korban selamat," kata Kepala Sub Seksi Operasi Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin Amri Zuna Kurniawan di Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Minggu (28/8/2022), seperti dilansir Antara.

Dia mengungkapkan cuaca yang kurang baik menjadi kendala dalam proses pencarian hari ini. Ketidakjelasan posisi awal tenggelamnya kapal juga mempersulit penemuan para korban.

Pihaknya masih terus menggali informasi dari korban selamat yang telah ditemukan sebelumnya.

"Saat ini tim juga terus berupaya menggali informasi dari empat korban selamat. Kebetulan baru satu orang yang sudah bisa berkomunikasi, sedangkan tiga lainnya masih menjalani perawatan medis," jelas Amri.

Basarnas mengerahkan kapal KN SAR Laksmana 241 untuk melakukan pencarian yang dijadwalkan selama tujuh hari sejak informasi diterima pada Jumat (26/8/2022) pukul 19.20 Wita.

Kemudian pencarian hari ini juga dibantu Bakamla dengan KN Ular Laut 405. Lalu juga dua Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) dari Koarmada II yakni KRI Tongkol 813 dan KRI Ajak 653.

Diketahui KM Teman Niaga bermuatan semen yang tenggelam di selat Makassar membawa 15 penumpang berlayar dari Tarjun, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan menuju Waikelo, Nusa Tenggara Timur.

KM Teman Niaga dijadwalkan singgah di Biringkassi, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan untuk bangker.

Basarnas menerima infomasi pada Jumat (26/8/2022) pukul 19.20 Wita dari agen kapal bahwa pada Kamis (25/8/2022) pukul 16.00 Wita ditemukan empat orang korban KM Teman Niaga diselamatkan kapal Dharma Fery 3 yang sedang berlayar dari Pare-Pare menuju Batulicin.

Berdasarkan informasi dari korban selamat atas nama Muhdi Mufazan bahwa pada Senin (22/8/2022) malam sekitar pukul 22.00 Wita, KM Teman Niaga tenggelam karena cuaca buruk saat menuju Biringkassi.

https://regional.kompas.com/read/2022/08/28/232544378/pencarian-11-abk-km-teman-niaga-terus-diperluas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke