Salin Artikel

Ganjar Akan Memulai Penggunaan Mobil Listrik di Lingkungan Pemprov Jateng

Menurutnya, hal ini dilakukan sebagai transformasi energi, sekaligus sebagai bentuk keseriusan mendukung kebijakan pemerintah pusat.

"Iya kami akan mulai, jadi ketika kebijakan itu ada, tahun ini Dinas ESDM mulai dulu. Nanti ada rencana dari dinas-dinas mau gunakan mobil listrik, tinggal cari partnernya, siapa pabriknya. Kalau pemerintah yang melakukan saya kira transformasinya akan lebih cepat lagi," kata Ganjar saat peluncuran mobil listrik milik Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jateng di Desa Krendowahono, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, Kamis (25/8/2022), seperti dilansir dari Antara. 

Dia mengatakan saat ini pemerintah pusat juga mulai menyiapkan ekosistem mobil listrik di Indonesia. Sehingga penggunaannya harus dimulai meski pelan-pelan. 

"Dan hari ini kami juga mau mendorong penggunaan mobil listrik. Jadi ini semangat bagaimana betul-betul transformasi energi dimulai meski masih timik-timik, masih pelan-pelan tapi sekarang harus kita segera mulai," ungkapnya.

Terkait dengan ekosistem mobil listrik yang ada di Indonesia, Ganjar menyebut intinya ada pada baterai. Saat ini pabrik batrai mobil listrik pun tengah dibangun di Indonesia.

"Maka kita punya nikel, sudah siapkan pabriknya. Kalau ekosistem ini sudah terjadi, maka Indonesia menuju sistem transportasi hijau berjalan," katanya. 

Ganjar menyebut hal ini merupakan bagian dari spirit mendorong transformasi kendaraan berbahan bakar fosil agar berpindah ke listrik.

Di sisi lain, dia juga mengingatkan agar persiapan transformasi ini dilakukan secara menyeluruh. Terutama terkait pengelolaan limbah baterai kendaraan listrik.

https://regional.kompas.com/read/2022/08/26/062555778/ganjar-akan-memulai-penggunaan-mobil-listrik-di-lingkungan-pemprov-jateng

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke