Salin Artikel

Hasil Otopsi Ulang, Ayah Brigadir J: Kita Terima dengan Lapang Dada

"Kami dari Kuasa Hukum menerima dan menghormati hasil dari pemeriksaan otopsi ulang Brigadir Yosua karena itu sudah diperiksa oleh ahli yang independen, sesuai keahlian mereka," kata Ramos, Senin (22/8/2022).

Ramos menjelaskan, tim forensik tidak menemukan adanya luka akibat penganiayaan seperti dugaan awal keluarga. 

Ia menegaskan, hasil otopsi sudah diperiksa oleh dokter yang memiliki keahlian khusus dan mereka menyatakan tidak ada luka bekas penganiayaan kecuali luka bekas tembakan.

Hasil otopsi yang disampaikan, juga sesuai dengan keterangan dari utusan keluarga sebagai pemantau jalannya otopsi di RSUD Sungai Bahar, sebulan lalu.

"Itu ada dua luka tembakan di belakang yang tembus sampai ke hidung. Sesuai dengan hasil yang dilihat oleh utusan keluarga saat otopsi," kata Ramos.

Sampai sejauh ini, fokus pengacara adalah mengawal kasus dugaan pembunuhan berencana, sampai mendapatkan kekuatan hukum tetap.

Otopsi diawasi dari perwakilan keluarga yang memiliki latar belakang medis, yakni pemilik klinik Hidayah, Bidan Herlina Hidayah Lubis, dan Dokter Spesialis Martina Rajaguguk.

Sementara itu, saat diwawancara usai otopsi jenazah, ayah Brigadir J menuturkan, akan menerima hasil otopsi dengan lapang dada.

"Kalau dipikir memang terlalu lama. Tapi itulah prosedur, maka kita ikuti saja. Biarlah ahli dan pakar yang menilai (memberi) kesimpulan hasil otopsi," kata Samuel, Rabu (27/7/2022).

Terkait langkah keluarga setelah otopsi ulang, Samuel mengaku akan mengikuti prosedur dan ketentuan yang berlaku.

Untuk itu, apapun keputusannya keluarga akan menerima dengan lapang dada. "Kita terima dengan lapang dada," kata Samuel.

Diberitakan sebelumnya, setelah hampir satu bulan, tim dokter forensik akhirnya mengumumkan hasil otopsi ulang jenazah Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

Sebagaimana diketahui, Brigadir J tewas setelah ditembak di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo di kawasan Duren Tiga, Jakarta Selatan, Jumat (8/7/2022).

Pihak keluarga sebelumnya curiga sempat terjadi penganiayaan lantaran banyak luka janggal di tubuh Yosua.

Akhirnya, pada 27 Juli 2022, dilakukan otopsi ulang terhadap jenazah Brigadir J di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sungai Bahar, Jambi.

Proses otopsi kedua itu ditangani oleh tim dokter gabungan yang terdiri dari Persatuan Kedokteran Forensik Indonesia (PDFI).

Lantas, bagaimana hasil otopsi ulang tersebut?

Tim dokter forensik mengungkap setidaknya 5 temuan hasil otopsi kedua jenazah Brigadir J. Berikut rinciannya:

1. Hanya luka tembak

Tim dokter forensik memastikan bahwa luka-luka yang ada pada tubuh Brigadir J seluruhnya diakibatkan karena senjata api.

Ketua Tim Dokter Forensik Brigadir J, Ade Firmansyah Sugiharto mengatakan, pihaknya telah melakukan serangkaian proses pemeriksaan sebelum menyimpulkan bahwa tidak ada luka selain akibat tembakan.

"Saya bisa yakinkan sesuai dengan hasil pemeriksaan kami, baik pada saat kita lakukan otopsi maupun dengan pemeriksaan penunjang dengan pencahayaan dan hasil mikroskopik, tidak ada luka-luka pada tubuhnya selain luka-luka akibat kekerasan senjata api," kata Ade di Badan Reserse Kriminal (Bareskrim Polri), Jakarta, Senin (22/8/2022).

2. 5 luka tembak masuk, 4 keluar

Ade mengatakan, berdasar pemeriksaan yang bersumber dari foto dan gambaran mikroskopik, bahwa hanya ditemukan luka tembak masuk dan luka tembak keluar di tubuh Yosua.

Jumlahnya, 5 luka tembak masuk dan 4 luka tembak keluar.

Berdasar hasil otopsi itu, tim forensik menduga Brigadir J ditembak sebanyak empat kali. Lalu, ada satu peluru yang bersarang di dekat tulang belakang tubuhnya.

"Memang dari luka-luka yang ada yaitu ada 5 luka tembak masuk dan ada 4 luka tembak keluar," terang Ade.

Ade menjelaskan, luka tembak itu mengenai beberapa bagian tubuh, di antaranya dada dan kepala.

"Memang yang fatal ada dua, yaitu di dada dan di kepala. Itu yang buat meninggal," kata dia.

3. Jari putus

Meski pihak keluarga sebelumnya sempat menduga ada penganiayaan terhadap Brigadir J, tim forensik memastikan bahwa luka di tubuh Yosua seluruhnya diakibatkan karena tembakan.

Terkait luka-luka lain seperti jari yang rusak, Ade menyebutkan, itu merupakan luka bekas trajektori atau lintasan anak peluru yang menyerempet jari.

Menurut Ade, ada dua jari Brigadir J yang terserempet anak peluru, yakni jari kelingking dan jari manis tangan kiri.

"Kalau bahasa awamnya mungkin tersambar," kata dia.

https://regional.kompas.com/read/2022/08/23/133616778/hasil-otopsi-ulang-ayah-brigadir-j-kita-terima-dengan-lapang-dada

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke