Salin Artikel

"Sharing" Penanganan Sampah dengan Pemkot Solo, Walkot Denpasar Sebut Produksi Sampah Capai 800 Ton Per Hari

Dalam kunjungannya itu, rombongan dipimpin Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara disambut Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa.

Diketahui, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka tak bisa menemui rombongan Pemkot Denpasar karena sedang menjalani isolasi mandiri setelah terpapar Covid-19.

Kunjungan Pemkot Denpasar ke Solo tersebut selain untuk meningkatkan hubungan silaturahmi, juga sekaligus belajar terkait penanganan sampah.

Karena diketahui Bali ditunjuk sebagai lokasi pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang akan dilaksanakan pada November 2022 mendatang.

"Kita kan dalam G20 sampah di Denpasar itu harus tertangani dengan baik. Kami sudah berkunjung ke Mojosongo (TPA Putri Cempo) kami melihat (penanganan sampah) sangat luar biasa," kata I Gusti Ngurah Jaya Negara di Solo, Jawa Tengah, Senin.

I Gusti Ngurah Jaya juga mengatakan, dalam pertemuannya itu banyak arahan yang disampaikan Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa terkait penanganan sampah. 

"Dan kami tadi juga banyak dapat arahan dari Pak Wawali tentang nanti pengolahan sampah. Disamping silaturahmi untuk meningkatkan silaturahmi antar pemerintah daerah, nantinya kita akan membangun kerja sama berkaitan dengan penanganan-penangana inflasi," ungkap I Gusti Ngurah Jaya.

Pihaknya mengatakan sedang membangun Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST). Rencananya, sampah-sampah tersebut akan dimanfaatkan sebagai sumber energi listrik.

Dikatakan dia potensi sampah di Denpasar cukup besar. Dalam sehari produksi sampah mencapai 800 ton. Sementara tempat pembuangan sampah terbatas.

"Kalau di Denpasar potensi (sampah) kita 800 ton per hari. Kalau di Solo kan 300 ton perhari. Kelebihannya di Solo lahannya luas tempat sampahnya. Bahkan, kami sudah tidak ada. Satu-satunya kan harus diolah sampahnya," terang dia.

Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa mengatakan, kunjungan Wali Kota Denpasar bersama rombongan ada Kapolres Denpasar Kombes Pol Bambang Yugo Pamungkas, Dandim 1611/Badung Kolonel Inf Dody Triyo Hadi ke Solo untuk bersilaturahmi.

"Ini hanya silaturahmi saja. Beliau hanya silaturahmi. Kebetulan Pak Dandim dan Pak Kapolres, ini kan mantan Danbrigif, mantan Kapolres Sukoharjo. Ingin silaturahmi saja, tidak ada yang penting dan ini jadi embrio bahwa silaturahmi dengan Forkompinda lain. Apalagi Denpasar jadi kota ikon Bali," kata Teguh.

Teguh mengatakan dalam pertemuan itu membicarakan banyak hal. Mulai dari penanganan Covid-19 hingga penanganan sampah.

Bahkan, kata Teguh, Wali Kota Denpasar dan rombongan telah mengunjungi TPA Putri Cempo untuk melihat pengolahan sampah menjadi tenaga listrik.

"Sehari sebelumnya beliau berkunjung ke Putri Cempo. Bagaimana sampah berfungsi jadi baik. Sampah jadi listrik. Ini pilihan-pilihan yang menarik," terang Teguh.

https://regional.kompas.com/read/2022/08/22/143628178/sharing-penanganan-sampah-dengan-pemkot-solo-walkot-denpasar-sebut-produksi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke