Salin Artikel

Soal Jokowi Bakal "Groundbreaking" di IKN, Otorita: Beliau Enggak Sreg yang Begituan

BALIKPAPAN, KOMPAS.com – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dikabarkan sebelumnya akan melakukan groundbreaking Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada pertengahan Agustus 2022.

Namun, hingga saat ini, belum ada jadwal pasti kapan orang nomor satu tersebut kembali datang ke Kalimantan Timur untuk melakukan peletakan batu pertama di lokasi pembangunan IKN Nusantara itu.

Koordinator Informasi dan Komunikasi Tim Transisi IKN Sidik Pramono mengatakan, Presiden Joko Widodo memang tidak begitu suka terhadap pelaksanaan groundbreaking suatu proyek, seperti yang terjadi di daerah-daerah lain sebelumnya.

Sidik mengatakan, Presiden lebih suka memantau perkembangan suatu proyek secara berkala agar memastikan pembangunan tersebut berjalan sesuai rencana.

“Presiden memang dari awal dan bahkan dari beberapa tahun lalu itu beliau tidak sreg dengan istilah groundbreaking, karena yang penting itu bukan groundbreaking-nya, tapi perkembangan proyeknya. Presiden juga pernah menyampaikan itu di beberapa pemberitaan. Sebab, kadang-kadang kan setelah groundbreaking tidak terpantau perkembangannya, makanya yang penting itu kan beliau selalu memantau perkembangannya, memonitor perkembangan program pembangunan di IKN,” kata Sidik kepada Kompas.com, Jumat (19/8/2022).

Dirinya meyakini bahwa Presiden akan rutin memantau perkembangan pembangunan di IKN.

Sampai saat ini, pembangunan pun masih berlangsung.


“Pada intinya pekerjaan lapangan saat ini sudah mulai berlangsung. Soal groundbreaking ini kan hanya soal seremoni. Presiden juga kan secara prinsip jadwal untuk groundbreaking atau apa pun beliau yang menentukan, artinya agenda itu ditentukan sama agenda Presiden,” kata Sidik.

Saat ini pembangunan fisik di kawasan IKN terus berlangsung.

Hal yang paling utama dalam pengerjaan saat ini ialah pengerasan jalan serta membangun beberapa infrastruktur.

Termasuk telah dibangun sementara posko pengamanan di kawasan IKN guna mengantisipasi gangguan kamtibmas yang dapat menghambat pembangunan IKN.

“Kalau pembangunannya ya sampai saat ini masih berlangsung, silakan dilihat saja sendiri. Tapi, kalau soal groundbreaking, sejauh ini kami belum menerima informasi. Tapi, Pak Presiden menyatakan bahwa beliau akan melakukan kunjungan secara berkala,” pungkas dia.

https://regional.kompas.com/read/2022/08/19/112906078/soal-jokowi-bakal-groundbreaking-di-ikn-otorita-beliau-enggak-sreg-yang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke