Salin Artikel

Kain Merah Putih 1 Km hingga dan 1.600 "Paper Mob" Meriahkan Perayaan Proklamasi di Lereng Gunung Merbabu

Ribuan orang dari berbagai elemen masyarakat memegang kain tersebut, mulai dari rest area Kopeng hingga ke Lapangan Kridosono, yang berada tepat di depan Balai Desa Kopeng.

Mereka berjalan kaki di jalan raya desa yang berada di lereng Gunung Merbabu tersebut. Pengguna jalan pun tak segan berhenti untuk sekadar mengabadikan pawai tersebut dengan kamera mereka.

Tak hanya kain merah putih sepanjang 1 kilometer, di Lapangan Kridosono sebanyak 1.600 orang membuat konfigurasi paper mob dengan apik. Mereka yang terlibat dalam paper mob ini adalah pelajar, anggota organisasi masyarakat, dan TNI/Polri.

Di tengah atraksi papermob berbentuk bendera merah putih, Ketua Forum Komunikasi Organisasi Masyarakat (Forkom Ormas) Kecamatan Getasan Rizka Dwi Prasetyo membacakan teks Proklamasi dengan lantang.

Rizka mengatakan pembentangan kain merah putih dan paper mob tersebut bagian dari perayaan peringatan Hari Proklamasi ke-77 Republik Indonesia.

"Ini adalah cara kami untuk menghormati pahlawan yang telah berjuang sehingga NKRI tetap berdiri kokoh hingga saat ini dan selamanya," jelasnya, Kamis (18/8/2022).

Sementara Bupati Semarang Ngesti Nugraha mengatakan perayaan peringatan Proklamasi tahun ini berlangsung sangat meriah.

"Kemarin selama dua tahun seluruh kegiatan dihentikan karena pandemi, saat ini kembali dibuka sehingga antuasisme warga sangat besar. Tapi jangan dilupakan juga, tetap perhatikan protokol kesehatan," ungkapnya.

Ngesti mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan secara gotong royong oleh masyarakat.

"Ini bagian dari kebersamaan masyarakat, karena itulah makna kemerdekaan saat ini. Harus diisi dengan kebersamaan, gotong royong agar persatuan semakin solid dan Indonesia terus maju," ungkapnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/08/18/234959578/kain-merah-putih-1-km-hingga-dan-1600-paper-mob-meriahkan-perayaan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke