Salin Artikel

Lomba Minum Kopi Hitam Meriahkan Peringatan HUT ke-77 RI di Banda Aceh

BANDA ACEH, KOMPAS.com – Puluhan warga penikmat kopi meramaikan lomba minum kopi yang diselenggarakan sebuah warung kopi di kawasan Lamlagang, Banda Aceh.

Tiga gelas kopi pahit panas harus dihabiskan tanpa tersisa dalam waktu yang singkat untuk bisa menjadi juara.

Lomba minum kopi ini diselenggarakan untuk memeriahkan peringatan HUT ke-77 Republik Indonesia.

Penyelenggara lomba minum kopi, Aan Fahlevi mengatakan, sengaja menggelar lomba minum kopi, karena antara kopi dan masyarakat aceh tak bisa dipisahkan.

“Ada pepatah bahasa aceh yang menyebutkan, aceh dan kopi itu lagee zat ngon sifeut, artinya masyarakat Aceh dan kopi bagai zat dan sifatnya, jadi memang tak bisa dipisahkan sama sekali,” jelas Aan, Rabu (17/8/2022).

Bagi pencinta kopi, menikmati kopi panas tanpa gula sudah tidak menjadi masalah. Penyelenggara memang menyediakan kopi untuk diminum dalam lomba ini adalah kopi robusta dengan kondisi yang sangat panas, dan tanpa gula.

Peserta lomba pun tak boleh menyisakan setetes kopi pun di dalam gelas.

Uniknya lagi peserta tidak hanya didominasi oleh kaum pria. Tidak sedikit kaum hawa juga ikut menjadi peserta lomba minum kopi tersebut.

Dewi, seorang peserta minum kopi, mengaku keikutsertaannya dalam lomba minum kopi ini adalah untuk ikut meramaikan perayaan HUT RI.

“Tapi tidak menyangka juga karena kopi yang disediakan adalah kopi pahit, sedangkan biasanya saya minum kopi dengan campuran gula, jadi lumayan kaget juga, rasanya pahit sekali, dan saya tidak mampu menghabiskan tiga gelas kopi,” jelas Dewi sambil tersenyum.

Rayan, warga Banda Aceh berhasil menuarai lomba minum kopi yang diselenggarakan di warung Pak Haji tersebut.

“Kopinya panas sekali, kesulitannya cuma satu yakni menelan kpoinya, karena sangat panas,” tapi saya senang bisa ikut lomba ini, awalnya iseng saja, tapi memberikan kejutan yang menyenangkan, karena tidak menyangka bisa memenangkan lomba ini,” ujar Rayan.

https://regional.kompas.com/read/2022/08/17/231502478/lomba-minum-kopi-hitam-meriahkan-peringatan-hut-ke-77-ri-di-banda-aceh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke