Salin Artikel

Bendera Merah Putih Sepanjang 200 Meter Berkibar di Bukit Wolo Ngadha

BAJAWA, KOMPAS.com - Personel Kepolisian Resor (Polres) Ngada, Nusa Tenggara Timur (NTT), bersama anggota pramuka Kabupaten Ngada dan masyarakat mengibarkan bendera Merah Putih raksasa sepanjang 200 meter di Bukit Wolo Ngadha, Kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada, Selasa (16/8/2022).

Untuk sampai di puncak bukit itu, mereka membutuhkan waktu lebih kurang dua jam. Mereka mulai mendaki dari pukul 06.00 Wita dan pengibaran bendera dimulai sekitar pukul 09.00 Wita.

Kepala Polres Ngada AKBP Padmo Arianto menjelaskan, pengibaran bendera Merah Putih sepanjang 200 meter itu merupakan bentuk dari semarak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia oleh personel Polres Ngada, anggota pramuka Kabupaten Ngada, dan masyarakat setempat.

"Pembentangan bendera Merah Putih raksasa ini merupakan bukti dan ungkapan rasa cinta masyarakat Kabupaten Ngada kepada perjuangan para pahlawan serta membangkitkan rasa nasionalisme dan rela berkorban bagi nusa dan bangsa," ungkap Arianto dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa malam.

Ia menyebutkan, personel Polres Ngada bersama pramuka Kabupaten Ngada dan warga masyarakat bahu-membahu memikul bendera Merah Putih ukuran raksasa itu dengan mendaki Bukit Wolo Ngadha yang terjal.

"Dengan upaya dan kerja bersama, kami berhasil membentangkan bendera Merah Putih raksasa ini, walaupun di puncak bukit kami diterpa angin yang sangat kencang. Kami bekerja cukup ekstra dan penuh berhati-hati," ujarnya.

Bendera Merah Putih raksasa, kata dia, setelah dibentangkan dapat terlihat dengan jelas dari jantung kota Bajawa. Hal itu akan menjadi perhatian masyarakat.

"Ini adalah simbol kebangkitan putra-putri Ngada bersama aparat untuk semakin memperkokoh rasa persatuan dan kasatuan untuk Indonesia yang jaya," imbuhnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/08/17/074630678/bendera-merah-putih-sepanjang-200-meter-berkibar-di-bukit-wolo-ngadha

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke