Salin Artikel

122 Kg Daging Olahan Asal Timor Leste Dimusnahkan di Perbatasan NTT

Pemusnahan tersebut berlangsung di Kantor Karantina Wilayah Kerja PLBN Wini, yang berbatasan langsung dengan Distrik Oekusi, Timor Leste.

"Tadi kita musnahkan," ujar Kepala Balai Karantina Kelas I Kupang, Yulius Umbu Hunggar, kepada Kompas.com, melalui sambungan telepon, Senin (15/8/2022) malam.

Dia memerinci, produk olahan yang paling banyak disita dan dimusnahkan adalah sosis dan kornet babi, sosis dan kornet ayam serta sapi.

Cegah PMK

Menurut Yulius, pemusnahan itu untuk mencegah penularan penyakit mulut dan kuku di wilayah NTT, khususnya perbatasan.

Yulius menjelaskan, daging olahan dan daging mentah serta beberapa jenis tumbuhan lainnya yang dimusnahkan adalah hasil operasi patuh pencegahan penyakit mulut dan kuku selama tiga pekan.

Daging itu, lanjut dia, disita dari pelintas batas yang hendak memasuki wilayah Indonesia melalui PLBN Wini.

"Ada 11 item barang-barang yang kita musnahkan. Barang-barang itu masuk dari Timor Leste," kata dia.

Yulius mengatakan, makanan olahan dan daging mentah serta tumbuhan yang disita dan dimusnahkan karena masuk melalui PLBN Wini tanpa dokumen lengkap atau ilegal yang dibawa oleh pelintas batas.


Olahan daging yang disita lanjut dia, adalah barang yang masuk dari Brasil melalui Timor Leste lalu dibawa ke Indonesia melalui PLBN Wini.

Brasil, kata dia, termasuk negara zona merah penyakit mulut dan kuku.

Yulius menuturkan, sejak terjangkitnya penyakit itu di Indonesia pada Bulan Mei lalu, pihak Karantina Kupang langsung mengambil langkah pencegahan untuk menangkal masuknya PMK agar tidak menyerang hewan berkuku belah di NTT.

Dia mengatakan Nusa Tenggara Timur masih berstatus zona hijau atau terbebas dari penyakit mulut dan kuku.

Untuk itu pihak karantina terus melakukan pengetatan di berbagai pintu masuk seperti pelabuhan, bandara dan juga di PLBN yang berbatasan dengan Timor Leste sebagai langkah pencegahan masuknya virus. 

https://regional.kompas.com/read/2022/08/15/190754278/122-kg-daging-olahan-asal-timor-leste-dimusnahkan-di-perbatasan-ntt

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke