Salin Artikel

Pria ODGJ Berkeliaran di Pusat Kota Lhokseumawe, Kejar Warga Pakai Kayu

LHOKSEUMAWE, KOMPAS.com – Seorang pria yang diduga Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) berkeliaran dua hari terakhir di jalan protokol Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh.

 

Pria yang tidak mengenakan pakaian dengan rambut kumal dan celana pendek ini membawa sepotong kayu. Ia hampir memukul seorang warga yang melintas di Jalan Merdeka, Kota Lhokseumawe, Minggu (14/8/2022).

 

“Saya melintas dengan sepeda motor, tiba-tiba ODGJ itu mengayunkan kayu. Beruntung saya sempat mengelak,” sebut Indra (45) warga Jalan Darussalam, Kota Lhokseumawe.

 

 

Dia menyebutkan, ODGJ itu bahkan sempat mengejar pengendara lainnya yang melintas. Tidak lama kemudian, ODGJ itu terlihat mengejar warga lainnya di Jalan Gudang Baru, Kota Lhokseumawe.

 

“Kondisi ini sudah meresahkan, sebelum jatuh korban, baiknya dinas menertibkan ODGJ itu. Solusinya bisa bawa ke rumah sakit jiwa dulu hingga pulih, ditangkap dan dicari keluarganya, buat dibawa ke rumah sakit bersama-sama,” kata Indra.

 

Kepala Dinas Kesehatan Lhokseumawe, Safwaliza menyebutkan, persoalan ODGJ menjadi tanggung jawab lintas sektor Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, dan Satuan Polisi Pamong Praja Kota Lhokseumawe.

 

“Sering ODGJ yang berkeliaran di Lhokseumawe itu sebagiannya bukan warga Kota Lhokseumawe. Meski begitu, kita koordinasikan dan kerja sama dengan tiga dinas itu untuk menanganinya,” sebutnya.

 

 

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja, Kota Lhokseumawe, Zulkifli, menyebutkan timnya siap bergerak kapan saja untuk menertibkan ODGJ yang berkeliaran itu.

 

“Namun, kita ini tunggu Dinas Kesehatan Lhokseumawe, mereka punya obat bius. Jadi, kalau ditangkap dan melawan bisa dibius langsung. Kami tak punya obat bius, kita sifatnya membantu Dinas Kesehatan,” pungkas Zulkifli.

 

https://regional.kompas.com/read/2022/08/14/183415078/pria-odgj-berkeliaran-di-pusat-kota-lhokseumawe-kejar-warga-pakai-kayu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke