Salin Artikel

Profil Bupati Pemalang yang Ditangkap KPK, Pernah Berjanji Serahkan Gajinya ke Rakyat

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mengungkapkan, Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo yang terjaring operasi tangkap tangan (OTT) diduga terkait tindak pidana suap. Firli mengatakan dugaan suap itu menyeret sejumlah pihak.

“MAW (Mukti Agung Wibowo) dan beberapa orang yang diduga telah melakukan tindak pidana korupsi berupa suap,” kata Firli dalam pesan tertulisnya kepada wartawan, Jumat (12/8/2022) pagi.

Diketahui sebelumnya, Bupati Pemalang, Mukti Agung Wibowo sempat melantik Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Pemalang, Slamet Masduki sebagai Penjabat (PJ) Sekertaris Daerah di Ruang Aula BKD Pemalang, Rabu sore (10/8/2022).

Upaya ini dilakukan untuk mengisi kekosongan jabatan usai Sekda sebelumnya, Mohammad Arifin ditetapkan sebagai tersangka oleh Dirkrimsus Polda Jateng dalam kasus korupsi pembangunan proyek jalan Kabupaten Pemalang tahun 2010.

Profil Bupati Pemalang

Dilansir dari TribunJateng, Mukti Agung Wibowo lahir di Tegal pada 2 Oktober 1976.  Mukti dikenal sebagai pengusaha di bidang transpotasi yakni pemilik Perusahaan Otobus (PO) Dewi Sri.

Mukti menempuh pendidikan S1 program pendidikan teknik mesin di Tri Sakti Jakarta pada 2002 lalu. Kemudian ia melanjutkan pendidikan S2 di Universitas Diponegoro (Undip) Semarang pada 2015 dengan program magister ilmu politik.

Mukti pernah menjabat sebagai wakil bupati Pemalang pada tahun 2011 hingga 2016 mendampingi Junaedi. Selepas masa jabatannya sebagai wakil bupati usai, Mukti Agung Wibowo kembali mencalonkan diri sebagai Bupati Pemalang. 

Dia terpilih dan kemudian dilantik bersama wakilnya Mansur Hidayat pada Februari 2021 lalu. Bahkan usai dilantik Mukti berjanji akan menyerahkan gajinya pada masyarakat. Kususnya bagi warga terdampak Covid-19.

"Gaji saya untuk warga Kabupaten Pemalang. Ini sebagai kepedulian saya kepada warga yang terdampak Covid-19," tutur Mukti, Jumat (26/2/2021)

https://regional.kompas.com/read/2022/08/12/073211078/profil-bupati-pemalang-yang-ditangkap-kpk-pernah-berjanji-serahkan-gajinya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke