Salin Artikel

Stok Vaksin Pfizer dan Moderna di Palembang Menipis, Dinkes Ajukan 2.680 Vial untuk Dosis Keempat Nakes

PALEMBANG, KOMPAS.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) kota Palembang kembali mengajukan penambahan 2.680 vial vaksin Covid-19 untuk booster kedua atau dosis keempat bagi tenaga kesehatan.

Sub Koordinator Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2P) Dinkes Palembang Yudhi Setiawan mengatakan, penambahan vaksin itu dibutuhkan karena stok saat ini hanya ada jenis AstraZeneca.

Sementara untuk stok vaksin jenis Pfizer dan Moderna tidak cukup untuk dosis keempat nakes.

“Total ada 2.680 vial dosis vaksin yang kami ajukan, rinciannya Pfizer 1.280 vial dan Moderna 1.400 vial,” kata Yudhi, Rabu (10/8/2022).

Yudhi menjelaskan, ada 14.493 nakes di Palembang yang menjadi sasaran dosis keempat.

Pemberian vaksian dosis keempat ini sudah mulai berjalan di seluruh puskesmas di 17 Kecamatan.

“Stok moderna dan Pfizer kita hanya sedikit, sehingga kemarin kami ajukan lagi penambahan. Karena jika dipaksakan, tidak cukup bagi seluruh nakes. Sejauh ini baru sedikit nakes yang dibooster kedua, kami masih menunggu tambahan agar semua nakes bisa diberikan dosis keempat," ungkap Yudhi.

Menurut Yudhi, sasaran utama dosis keempat ini adalah nakes yang menjadi garda terdepan dalam penanganan Covid-19 dan rentan terpapar virus corona.

Jika seluruh nakes sudah mendapat vaksin keempat, Yudhi tak menampik kemungkinan bahwa masyrakat umum dapat diberikan vaksin booster kedua.

“Kalau ada masyarakat yang mau silakan untuk booster kedua, tapi harus setelah nakes selesai dulu. Baru untuk umum,” jelasnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/08/10/145309378/stok-vaksin-pfizer-dan-moderna-di-palembang-menipis-dinkes-ajukan-2680-vial

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke