Salin Artikel

Sisir Kawasan Tambang Gunung Botak, Aparat Gabungan Musnahkan Tenda dan Bak Rendaman Material Emas

Aksi penertiban itu melibatkan lebih dari 150 aparat gabungan Polri, TNI dan anggota Satpol PP.

Dalam aksi itu petugas melakukan penyisiran di sepanjang aliran Sungai Anahoni di Desa Kayeli, Kecamatan Teluk Kayeli yang selama ini dijadikan sebagai tempat aktivitas tambang ilegal.

Petugas gabungan kemudian memusnahkan tenda, warung penambang ilegal, serta bak rendaman material emas di kawasan tersebut.

Kabag Ops Polres Pulau Buru AKP Uspril W. Futwembun yang memimpin aksi penertiban mengatakan, sebelum penyisiran dilakukan, tim gabungan terlebih dahulu melakukan apel bersama di jalur D Desa Wamsait, Kecamatan Waelata sekitar pukul 11.00 WIT.

"Hari ini kita anggota TNI-Polri dan petugas Satpol PP melaksanakan penertiban aktivitas penambangan emas ilegal pada lokasi sungai Anahoni Desa Kayeli Kecamatan Teluk Kayeli," kata Uspril kepada Kompas.com dalam keterangan tertulis, Selasa.


Dia menjelaskan aksi penertiban itu dilakukan untuk mencegah terjadinya kerusakan dan pencemaran lingkungan yang lebih parah di kawasan tersebut.

"Kegiatan penertiban bertujuan untuk menghentikan adanya aktivitas penambangan emas ilegal di lokasi tambang emas Gunung Botak yang berpotensi merusak lingkungan," ungkap dia.

Adapun dalam aksi penertiban itu petugas ikut memusnahkan peralatan para penambang termasuk sejumlah bak rendaman, ratusan tenda para penambang dan juga warung di kawasan itu.

Penertiban tenda, bak rendaman dan peralatan penambang ilegal itu dilakukan dengan bantuan ekskavator.

"Kita ikut kerahkan satu unit buldozer untuk musnahkan alat penambang emas berupa bak-bak rendaman dan juga tenda agar tidak ada lagi aktivktas ilegal di kawasan itu," katanya.

Menurut Uspril, aparat juga mengimbau para penambang liar untuk meninggalkan lokasi itu dan tidak lagi melalukan aktivitas ilegal dengan menggunakan bahan kimia berbahaya.

"Kita juga sosialisasi dan mengimbau masyarakat agar meninggalkan lokasi tambang Ilegal itu," ujarnya.

Adapaun penertiban yang dilakukan aparat gabungan itu berjalan lancar tanpa ada perlawanan dari para penanbang.

"Pada pukul 15.00 wit kegiatan penyisiran dan penertiban selesai dengan anndan lancar dan selanjutnya team kembali ke jalur H Desa Persiapan Wamsait," ungkapnya. 

https://regional.kompas.com/read/2022/08/09/192522678/sisir-kawasan-tambang-gunung-botak-aparat-gabungan-musnahkan-tenda-dan-bak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke