Salin Artikel

Rangkaian Kegiatan Kemerdekaan RI dan HKJB di Bandung, Ada Bazar Bayar dengan Sampah

BANDUNG, KOMPAS.com - Kota Bandung sudah mempersiapkan sejumlah kegiatan untuk menyambut kemerdekaan RI sekaligus Hari Jadi Kota Bandung (HKJB) ke-212.

Salah satu kegiatannya yaitu Great Bandung.

Ketua Umum Great Bandung, Jon mengatakan, kegiatan tersebut di antaranya Bebersih Bandung pada 13 Agustus 2022 Yaitu di area Alun Alun Bandung, Gedung Merdeka, Jalan Braga dan Balai Kota Bandung. Itu dilakukan untuk mengambut HUT RI ke-77.

"Kegiatan bebersih pun ada pada 17 September 2022 di area Lapang Tegalega. Kegiatan ini sebagai peringatan World Cleanup Day (WCD), " ujar Jon di Bandung, Senin (8/8/2022). 

Selain itu ada kegiatan bazar yaitu masyarakat membawa sampah dan bisa menukarkannya dengan voucher yang bisa dibelanjakan.

Mulai dari kebutuhan pokok maupun barang lainnya seperti pakaian, sepatu, dan tas.

"Namanya Bazaar Bayar Dengan Sampah, diadakan pada 23-24 September 2022, rencana bertempat di Taman Dewi Sartika," katanya.

"Pembayaran menggunakan sampah dengan dikonversi dan ditukar dengan kupon belanja. Ini pun mendukung program Kang Pisman," tuturnya.

Selain itu, terdapat acara vaksinasi juga cek kesehatan yang bekerja sama dengan UPT Puskesmas Balai Kota, bertempat di Taman Dewi Sartika pada 23 September 2022 dan untuk cek kesehatan 24 September 2022.

"Ini mendukung percepatan vaksinasi di Kota Bandung. Kami selenggarakan mulai vaksin 1 hingga vaksin ke-3 atau booster," bebernya.

Ada juga sejumlah perlombaan yang bisa diikuti masyarakat di tingkat kewilayahan yaitu Sejuta Merah Putih untuk Negeriku.

"Lomba membuat video dengan durasi maksimal 5 menit, nantinya penjurian akan dilakukan oleh OPD terkait dari Disbudpar juga tim dari Great Bandung," ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengapresiasi kegiatan tersebut. Pasalnya kegiatan itu menjadi rangkaian HUT RI juga HJKB.

"Luar biasa kegiatannya. Saya pesan, untuk tempat maupun waktu jika ada yang bergeser bisa dikordinasikan dengan asisten perekonomian dan pembangunan juga dinas terkait," pungkasnya. 

https://regional.kompas.com/read/2022/08/08/225149178/rangkaian-kegiatan-kemerdekaan-ri-dan-hkjb-di-bandung-ada-bazar-bayar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke