Salin Artikel

Jalan Tol di Pandeglang Mulai Dibangun, Jakarta ke Tanjung Lesung Cuma 2,5 Jam

Pembangunan jalan tol paling selatan di Banten ini mulai dibangun setelah diresmikan pada Senin (8/8/2022).

Jalan tol ke Pandeglang merupakan seksi 3 ruas tol Serang-Panimbang (Serpan) yang menghubungkan Cileles Kabupaten Lebak ke Panimbang di Pandeglang.

"Kami ingin pembangunan jalan tol Serang-Panimbang seksi 3 ini selesai di tahun 2024 dan pembangunan harus bagus dan berkualitas," kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan saat ground breaking pembangunan tol Serpan seksi 3 di pintu exit tol Panimbang, Senin.

Luhut melakukan ground breaking tersebut dengan didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Pj.Gubernur Banten Al Muktabar serta Bupati Pandeglang Irna Narulita.

Luhut mengatakan, pembangunan jalan tol ini diharapkan selesai pada kuartal II tahun 2024.

Jika sudah selesai kelak, jalan tol ini bisa memangkas waktu tempuh dari Jakarta ke Tanjung Lesung hanya 2,5 jam

Menurut Luhut, kehadiran jalan tol Serpan ini mampu meningkatkan perekonomian masyarakat.

Diharapkan setelah kehadiran jalan tol akan muncul simpul-simpul ekonomi baru di Banten Selatan.

Sementara Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan pembangunan tol Serpan seksi 1-3 adalah 83,67 kilometer, sedangkan untuk pembangunan jalan tol Serpan seksi 3 Cileles- Panimbang sepanjang 33 kilometer.


Jalan Tol seksi 1 antara Serang -Rangkasbitung sudah beroperasi sejak November 2021. Sementara seksi 2 pengerjaannya sedang dilakukan.

Total anggaran pembangunan seksi 3 sendiri mencapai mencapai Rp 4,6 triliun.

Bupati Pandeglang Irna Narulita mengatakan kehadiran jalan tol ke Pandeglang sudah sejak lama didambakan oleh masyarakat.

“Harapan masyarakat Pandeglang untuk memiliki jalan tol akan segera terwujud, mohon doanya, agar pembangunan jalan tol Serpan ini berjalan lancar dan sukses, karena jalan tol ini sebagai penopang kebangkitan ekonomi Kabupaten Pandeglang," kata dia.

https://regional.kompas.com/read/2022/08/08/191730578/jalan-tol-di-pandeglang-mulai-dibangun-jakarta-ke-tanjung-lesung-cuma-25

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke