Salin Artikel

Antisipasi Penyebaran Covid-19, Pemkab Gunungkidul Rencanakan Tes Acak Sekolah

Saat ini Pemkab Gunungkidul tengah merumuskan skema pelaksanaan skrining yang rencananya dimulai pertengahan Agustus 2022.

"Salah satu skenarionya akan ada 10 persen jumlah sekolah. Dari setiap sekolah nantinya hanya 10 persen warga yang diambil sampelnya, meliputi pelajar hingga tenaga pendidik," kata Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul Dewi Irawaty saat dihubungi wartawan melalui telepon, Senin (8/8/2022).

Dia mengatakan, skrining ini rencananya menggunakan Polymerase Chain Reaction (PCR). Namun, pihaknya perlu berkoordinasi dengan Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) karena satu-satunya rujukan pemeriksaan PCR di DIY.

Koordinasi ini untuk mengetahui kemampuan pemeriksaan tes PCR.

"Sekaligus antrean sampel yang diperiksa," ujar Dewi.

Kepala Dinas Pendidikan Gunungkidul Nunuk Setyowati menyampaikan, pihaknya akan membantu Dinkes Gunungkidul dalam menentukan jumlah sekolah yang disasar untuk skrining acak ini. Termasuk jumlah pelajar yang menjadi sampel pemeriksaan.

Pihaknya memastikan sekolah menerapkan protokol kesehatan secara ketat selama pembelajaran tatap muka bergulir.

Pemantauan hingga kini terus dilakukan. Pihaknya pun sudah beberapa kali melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah sekolah.

"Kami juga selalu memastikan protokol kesehatan (prokes) selalu dijalankan dengan ketat," ucap Nunuk. 

https://regional.kompas.com/read/2022/08/08/164723878/antisipasi-penyebaran-covid-19-pemkab-gunungkidul-rencanakan-tes-acak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke