Salin Artikel

Ditata Seperti Malioboro, Ini yang Diharapkan Gibran dari Koridor Gatot Subroto-Ngarsopuro Solo

SOLO, KOMPAS.com - Koridor Jalan Gatot Subroto hingga Ngarsopuro, Kota Solo, Jawa Tengah, mulai ditata. Kawasan ini akan berubah hampir sama dengan Malioboro, Yogyakarta.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan, setelah penataan selesai, diharapkan Koridor Gatot Subroto hingga Ngarsopuro bisa menjadi kawasan produktif.

"Intinya di situ harus ada spot-spot sekiranya nanti sebagai daya tarik warga biar mau nongkrong atau jalan-jalan di situ," ungkap Gibran, di Solo, Jawa Tengah, Senin (8/8/2022).

Meski demikian, kata dia, masih ada beberapa bangunan di sekitar kawasan Gatot Subroto hingga Ngarsopuro yang belum maksimal penataannya.

"Ini salah satunya tempat-tempat yang saya lihat masih kelihatan mangkrak. Nanti ke depannya harus kami selesaikan. Saya tidak akan melakukan intervensi hukum atau apa, tapi saya ingin satu koridor kalau sudah cantik semua, pendukung-pendukungnya harus cantik semua," terang dia.

"Pasar Triwindu dan semua yang ada di situ kan jadi tempat yang strategis. Selain dipercantik, tempat itu harus produktif dan mendatangkan massa," sambung Gibran.

Sebagai informasi, penataan kawasan Koridor Gatot Subroto hingga Ngarsopuro ini ditargetkan selama enam bulan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Sesuai desain koridor Jalan Gatot Subroto hingga Ngarsopuro, ornamen beberapa tokoh wayang akan ditempatkan di pertokoan sisi utara dan selatan Jalan Slamet Riyadi, yang juga termasuk kawasan koridor Gatot Subroto.


Koridor nantinya juga difungsikan hampir sama dengan kawasan Malioboro, Yogyakarta.

"Nanti penataan tadi (koridor Ngarsopuro) kita kayak Malioboro gitu lho. Mau dijadikan kayak Malioboro sesuai detail desainnya," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat di Solo, Sabtu (16/7/2022).

Rencananya, desain detail penataan lebih rapi dan akan memberatkan kebutuhan Pedagang Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

"Semuanya yang sudah diprogramkan oleh Pak Wali Kota (Gibran Rakabuming Raka) kami sudah mulai tahun ini, kami kerjakan," kata Basuki.

https://regional.kompas.com/read/2022/08/08/152102978/ditata-seperti-malioboro-ini-yang-diharapkan-gibran-dari-koridor-gatot

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke