Salin Artikel

Gibran Tanggapi soal Kursi Tamu Undangan Closing Ceremony ASEAN Para Games 2022 Kosong: Acaranya On Air Harus Tepat Waktu

Namun, tidak semua tamu undangan bisa menyaksikan secara langsung kemerihaan closing ceremony APG di dalam stadion karena terlambat masuk.

Padahal, open gate untuk closing ceremony ASEAN Para Games dibuka mulai pukul 15.00 WIB. Sedangkan acara inti dimulai sekitar pukul 19.00 WIB.

Sehingga, beberapa kursi di dalam stadion yang disiapkan terlihat kosong karena tamu yang seharusnya menempati tidak bisa masuk karena terlambat.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan, dirinya sudah menyarankan agar tamu undangan yang ingin menyaksikan upacara penutupan APG bisa datang lebih awal.

"Intinya acara on air ya harus tepat waktu. Disarankan sebelum itu sudah masuk," kata Gibran di Solo, Jawa Tengah, Senin (8/8/2022).

Menurut dia pada closing ceremony sempat terjadi penumpukan tamu di Stadion Manahan Solo. Ia kemudian menyarankan panitia menambah gate dan kemudian berlangsung lancar.

"Saya mohon maaf kalau ada ditolak masuk dan lain-lain. Yang belum dapat tiket bisa nonton di YouTube. Karena memang terbatas (undangannya)," ungkap dia.

Putra sulung Presiden Jokowi ini menambahkan, tiket penonton closing ceremony ajang olahraga difabel terbesar Asia Tenggara 2022 dikurangi dari jumlah penonton opening ceremony.

Selain itu, protokol kesehatan (prokes) untuk penonton juga diperketat hal tersebut karena closing ceremony APG dihadiri secara langsung oleh Presiden Jokowi.

Mengenai dampak sepekan pelaksanaan APG di Solo, kata Gibran perekonomian di Solo meningkat. Hal ini terlihat dari okupansi hotel di Solo penuh. Kemudian pelaku UMKN di Solo banyak pesanan suvenir dan lain-lain.

"Dampak ekonomi ke okupansi hotel, UMKM, volunter, banyak. Menggerakan ekonomi banget," jelas Gibran.

https://regional.kompas.com/read/2022/08/08/113027878/gibran-tanggapi-soal-kursi-tamu-undangan-closing-ceremony-asean-para-games

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke