Salin Artikel

Detik-detik Kereta Api Tabrak Mobil di Cirebon, 4 Tewas hingga Xpander Hangus Terbakar

KOMPAS.com - Kecelakaan maut terjadi di perlintasan kereta api tanpa palang pintu di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (6/8/2022).

Akibat kecelakaan tersebut, empat penumpang mobil meninggal dunia dan terseret hingga terbakar sejauh beberapa meter.

Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon Suprapto membenarkan kejadian tersebut terjadi sekira pukul 20.40 WIB di perlintasan kereta api, , KM 202+1, Desa Kalimeang, Kecamatan Karangsembung, Kabupaten Cirebon.

“Jam 20.40 WIB, terima laporan dari masinis PLB 26A (Argo Cheribon) relasi Gambir - Cirebon – Tegal. Kereta api-nya tertemper mobil di perlintasan tanpa palang pintu di KM 202+1, petak jalan antara Stasiun Waruduwur - Stasiun Babakan,” kata Suprapto dikutip dari Kompas.com, Minggu (7/8/2022).

Diduga sopir tidak mengetahui ada kereta api yang akan melintas, sehingga terjadi kecelakaan maut tersebut.

Petugas keamana yang mengetahui informasi tersebut segera menyisir lokasi dan ditemukan di kilometer 202+7/8 masuk Desa Kalimeang Kecamatan Karangsembung, Kabupaten Cirebon, petak Waruduwur - Babakan.

Kecelakaan tersebut juga sudah dilaporkan ke Polsek Karangsembung, dan korban sudah dievakuasi ke Rumah Sakit Gunung Jati.

“Empat orang yang ada di kendaraan mobil meninggal dunia. Jenis kelamin dan identitas belum diketahui,” tambah Suprapto.

Sementara kerugian materil berupa cow hanger lok CC 2061334 (CN) rusak, dan juga mobil rusak berat dan terbakar.

Akibat kejadian ini, tiga perjalanan kereta api sempat terganggu yakni Argo Cheribon dengan keterlambatan 136 menit, Matarmaja lambat 15 menit, dan Ciremai lambat 30 menit.

“Kami mengimbau kepada masyarakat agar tengok kiri - kanan ketika akan melintas di perlintasan sebidang, guna menyakinkan di kedua arah tidak ada KA yang melintas," katanya.

"Alat utama keselamatan bagi pengguna jalan raya ketika akan melintas di perlintasan sebidang ada di rambu - rambu lalu lintas. Keberadaan palang dan penjaga pintu hanyalah alat bantu keamanan semata,” imbuhnya.

Sumber: Kompas.com (Penulis Kontributor Kompas TV Cirebon, Muhamad Syahri Romdhon | Editor Priska Sari Pratiwi)

https://regional.kompas.com/read/2022/08/07/230422678/detik-detik-kereta-api-tabrak-mobil-di-cirebon-4-tewas-hingga-xpander

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke