Salin Artikel

Kejuaraan Sepeda Perdana Pasca Pandemi di Tanjungpinang, Diikuti Atlet Nasional

TANJUNGPINANG, KOMPAS.com - Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Tanjungpinang menggelar kejuaraan perdana pasca pandemi Covid-19, Sabtu (5/8/2022).

Para pembalap bersorak saat menginjakkan kaki di Pulau Dompak, Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), yang menjadi lokasi kejuaraan.

Mereka tampak sangat antusias karena kembali bisa mengikuti kejuaraan resmi setelah hampir tiga tahun vakum karena pandemi Covid-19.

Salah satunya seorangpeserta balap sepeda asal Kota Batam bernama Wagirin. Seakan tak sabar lagi untuk memacu sepeda balapnya dalam perlombaan, Wagirin berteriak ketika menurunkan sepeda dari atas mobil.

"Asyik kita balapan lagi. Persiapan sudah siap, dengkul juga sudah siap," sorak Wagirin.

Wagirin mengaku, selalu merasa senang setiap kali mengikuti perlombaan.

"Saya merasa terpanggil kembali. Sangat menyenangkan. Saya selalu mendukung setiap acara. Semoga berkelanjutan terus," kata anggota Club Badaker ISSI Batam itu ketika diwawancarai.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh seorang pembalap sepeda muda asal Kota Batam bernama Rafi. Ia mengaku senang dengan adanya kejuaraan-kejuaraan yang mulai ramai digelar pasca pandemi Covid-19.

"Kami senang. Ini yang kedua kali saya ikut (berlomba) di luar Batam," ungkap remaja yang masih bersekolah di SMA Fajar Ilahi Kota Batam.

Wagirin dan Rafi merupakan dua dari 70 pembalap yang berlaga di event Criterium Tanjungpinang Race 2022.

Ketua Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Kota Tanjungpinang Yusmin Lius mengatakan, sejumlah peserta merupakan pembalap sepeda Kepri yang telah biasa bertanding di kejuaraan Nasional ataupun Internasional.

"Peserta yang ikut ada atlet yang biasa bertanding di Kejurnas. Dari Tanjungpinang ada atlet yang sudah biasa ikut di kejuaraan sepeda Internasional, baik Tour de Bintan ataupun kejuaraan-kejuaraan di Singapura," kata pria yang akrab disapa Aon.

Criterium Tanjungpinang Race 2022 merupakan kejuaraan perdana yang digelar oleh ISSI Tanjungpinang pascapandemi Covid-19.

Kejuaraan tingkat Provinsi Kepri tersebut diikuti oleh pembalap asal Kota Tanjungpinang, Kota Batam, Kabupaten Bintan, dan Kabupaten Karimun.

Para pembalap akan berlaga di kelas MTB men open, road bike, under 21 dan road bike men open. Untuk garis start dan finish berada di bundaran Migas Pulau Dompak.

Aon menyebutkan kegiatan akan berlangsung selama dua hari. Criterium dilaksanakan pada Sabtu siang hingga sore, dan dilanjutkan dengan funbike pada Minggu pagi.

"Dengan adanya kegiatan ini kami berharap para pencinta olahraga sepeda kembali bersemangat setelah pandemi Covid-19," sebut Aon.

Ditambahkan Aon, kegiatan Criterium Tanjungpinang 2022 juga sebagai ajang pencarian bibit dan pembinaan atlit oleh ISSI Tanjungpinang.

"Kita juga tengah mempersiapkan atlet sepeda Tanjungpinang untuk Porprov Bintan nanti," tambah Aon.

https://regional.kompas.com/read/2022/08/07/180616078/kejuaraan-sepeda-perdana-pasca-pandemi-di-tanjungpinang-diikuti-atlet

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke