Salin Artikel

Dianggap Membahayakan, Bom Pesawat yang Ditemukan di Blora Diledakkan

Pemusnahan tersebut dilakukan di Hutan Polaman, Kecamatan Blora, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, pada Minggu (7/8/2022).

Sebelumnya, benda yang diduga mortir tersebut ditemukan oleh warga saat iseng menggunakan alat metal detektor di Desa Patalan, Kecamatan Blora, pada Sabtu (6/8/2022).

Kasubden Jibom Gegana Satbrimob Polda Jawa Tengah, Ajun Komisaris Polisi (AKP) M Huda mengatakan benda yang dimusnahkan tersebut merupakan jenis bom pesawat aircraft.

"Jenis bom pesawat aircraft, yang jelas peninggalan Perang Dunia Kedua, kalau enggak zaman (kolonial) Jepang, ya Belanda," ucap dia usai pemusnahan tersebut.

Terdapat dua kali ledakan dalam pemusnahan bom pesawat tersebut. Ledakan kedua suaranya lebih kencang daripada ledakan yang pertama.

Dia mengimbau kepada masyarakat, apabila menemukan benda mencurigakan yang dapat meledak untuk segera melapor ke pihak berwenang.

"Ya kita info kalau menemukan barang seperti itu kalau bisa jangan diangkat-angkat atau biarkan di tempat saja, enggak diopeni karena barang itu sangat berbahaya, bisa didengarkan suaranya seperti itu, tidak sepenuhnya meledak, kalau dalam kondisi utuh, ledakannya lebih dari itu, bisa dua atau tiga kali lipat dari tadi," terang dia.

Dengan adanya pemusnahan benda tersebut, tentu saja dapat meminimalisir peristiwa-peristiwa yang tidak diinginkan.

"Sehingga kalau tidak dimusnahkan akan membahayakan masyarakat atau warga sekitar yang menemukan barang seperti itu," terang dia.

Sebelumnya diberitakan, masyarakat Blora, Jawa Tengah dihebohkan dengan adanya penemuan benda mirip mortir di Desa Patalan, Kecamatan Blora, pada Sabtu (6/8/2022).


Benda tersebut pertama kali ditemukan oleh Kumaidi (36) yang penasaran dengan cerita orang-orang terdahulu tentang adanya rudal di tempat tersebut.

"Ya pernah ada cerita dari pejuang dulu disimpan di situ, kemudian iseng-iseng saya cari di situ," ucap dia saat ditemui wartawan di lokasi.

Bermodalkan alat pendeteksi logam, ia menemukan benda yang diduga dapat meledak tersebut dengan kedalaman sekitar 70 sentimeter.

Benda tersebut diperkirakan mempunyai berat sekitar 50 kilogram dan panjang kurang lebih 70 sentimeter.

"Awal mulanya iseng-iseng, nah dari cerita mbah mbah dulu ya terus iseng-iseng mencari, jam 9 tadi menemukan benda ini di sekitar makam, dekat pemukiman warga," kata dia.

Setelah menemukan benda tersebut, Kumaidi kemudian melaporkannya ke pihak yang berwajib.

https://regional.kompas.com/read/2022/08/07/162715878/dianggap-membahayakan-bom-pesawat-yang-ditemukan-di-blora-diledakkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke