Salin Artikel

Bergejala Cacar Monyet, Dinkes Jateng Ungkap Hal Pertama yang Bisa Dilakukan

Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah, Yunita Dyah Suminar mengatakan, sebelum ke layanan kesehatan warga yang bergejala cacar monyet bisa melakukan isolasi di rumah.

"Ya harus isolasi jangan kontak erat," kata Yunita saat ditanya soal pertolongan pertama yang bisa dilakukan warga yang bergejala cacar monyet, Jumat (5/8/2022).

Selain itu, dia berpesan agar masyarakat bisa melakukan pola hidup sehat dan bersih. Selain itu makan yang sehat dan olah raga secara teratur.

"Hal itu bisa untuk meningkatkan kekebalan tubuh," ujarnya.

Dia menjelaskan, ada beberapa gejala yang dialami warga yang bergejala cacar monyet seperti demam, menggigil, nyeri otot dan pusing.

"Selain itu juga ada bercak merah di kulit," ujarnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Semarang, Abdul Hakam mengatakan agar mengonsumsi daging yang benar-benar matang.

"Baik daging yang digoreng, digodok atau dibakar harus benar-benar matang dan bakteri dipastikan mati," jelasnya.

Menurutnya, cacar monyet tidak hanya menular melalui kontak dari manusia, namun juga bisa kontak dari hewan. Untuk itu dia meminta agar warga berhati-hati.

"Misal kalau ada hewan yang flu juga wajib waspada," pesannya.

Hakam menjelaskan, adapun beberapa gejala yang mengarah ke cacar monyet seperti demam, pusing dan bercak merah di kulit.

"Kalau sudah ada gejala segera periksa ke layanan kesehatan," ujarnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/08/05/162356178/bergejala-cacar-monyet-dinkes-jateng-ungkap-hal-pertama-yang-bisa-dilakukan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke