Salin Artikel

TKW Asal Cianjur Disiram Bubur Panas oleh Majikannya di Dubai, Dipaksa Habiskan Satu Panci

KOMPAS.com - Kasus penyiksaan yang dialami Pekerja Migran Indonesia (PMI) kembali terulang. Kali ini, tindakan tidak manusiawi dialami oleh Neni Aptiani, Tenaga Kerja Wanita (TKW) asal Cianjur, Jawa Barat, yang bekerja di Dubai, Uni Emirat Arab.

Neni mengaku disiram oleh majikannya di Dubai dengan bubur panas akibat memberikan taburan bawang di atas makanan sang majikan.

Tak berhenti sampai di situ, Neni pun dipaksa untuk menghabiskan satu panci bubur panas oleh majikannya itu.

Bukan kali ini saja Neni menerima tindakan tidak menyenangkan, dia mengatakan kerap dipaksa bekerja mulai dari subuh hingga malam hari.

Tak kuat dengan perlakuan majikannya, Neni memohon bantuan kepada Pemerintah RI untuk memulangkannya ke Tanah Air.

"Saya nunggu-nunggu belum diproses-proses, belum ada kabar, belum ada jemputan, karena saya sudah tidak tahan, begitu Pak, terima kasih. Mohon bantuannya ya, pak," kata Neni sambil menangis melalui video yang dibagikannya, dikutip dari Kompas.tv, Jumat (5/8/2022).

Tiga kali berganti majikan

Neni berangkat ke Dubai secara ilegal karena tergiur dengan upah yang tinggi. Selama bekerja di negara tersebut, Neni telah tiga kali berganti majikan karena selalu mendapat perlakuan kasar.

Sebelumnya, suami Neni pun telah meminta Neni pulang ke Indonesia karena khawatir dengan perlakuan kasar yang kerap diterima istrinya itu.

Saat ini Neni telah berada di penampungan di Dubai dengan kondisi sakit dan mengalami luka akibat siraman bubur panas.

Pihak keluarga pun berharap pemerintah segera bertindak untuk membantu proses pemulangan Neni ke Tanah Air.

Disnaker Cianjur Siap Bantu

Sementara itu, Kabid Penempatan Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Cianjur, Ani Nuryanti mengatakan, pihaknya siap membantu proses pemulangan Neni.

"Dalam hal ini, selaku Disnaker bertanggung jawab dan akan membantu pemulangan Ibu Neni," kata Ani, dikutip dari Kompas.tv, Jumat (5/8/2022).

"Kami nanti akan menyampaikan kembali laporan kedua ke Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) untuk kepulangan Ibu Neni," pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/08/05/113844278/tkw-asal-cianjur-disiram-bubur-panas-oleh-majikannya-di-dubai-dipaksa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke