Salin Artikel

Persiapan Mudik 2023, Tol Tangerang-Merak Diperlebar Jadi Tiga Lajur

Pekerjaan pelebaran lajur dilakukan di dua arah, baik dari arah Jakarta maupun arah Pelabuhan Merak, tepatnya di Km 52+400 sampai Km 72.

Presiden Direktur Astra Infra Toll Road, Kris Ade Sudiyono mengatakan, pekerjaan penambahan lajur ke-3 pada ruas Cikande sampai dengan Serang Timur akan ditargetkan selesai pada Maret 2023. 

"Harapan kita dalam perencanan kita 2x3 lajur sampai Serang Timur akan diselesaikan sebelum perayaan lebaran tahun depan. Mudah-mudahan bisa membantu kelancaran arus mudik dan balik lebaran 1444 hijriah," kata Krist kepada wartawan. Kamis (4/8/2022).

Dijelaskan Krist, pelebaran lajur menjadi program peioritas karena saat ini jumlah kendaraan yang melintas di tol Tangerang Merak rata-rata sebanyak 160.000 unit per hari.

Sehingga, lanjut Krist, dengan lebarnya jalan dapat memberikan aspek keselamatan dan pengurangan vatality bagi pengguna jalan.

"Saat ini kindisi 2x2 lajur malau ada hal-hal upnormal misalnya ada kendaraan mogok, ada kecelakan tentu akan menghambat laju kendaraan yang sudah 160 ribu kendaraan perhari tersebut. Jadi ini untuk memberikan kapasitas jalan lebih lebar," ujar Krist.

Krist memastikan, selama proyek pelebaran jalan tersebut tidak akan berdampak pada terganggunya arus lalulintas di Jalan Tol Tangerang Merak.

"Selama proses pekerjaan kita tetap memberikan layanan maksimal.  Kita tetap akan menjaga dua lajur lancar. Saya menghimbau untuk pengguna jalan dapat memastikan kondisi kendaraannya dengan baik," kata Krist.

Krist menambahkan, dalam jangka panjang pihaknya tidak akan berhenti pelebaran lajur hingga Serang Timur saja.

Namun, pelebaran lajur menjadi 2x3 akan dilanjutkan hingga Cilegon Barat.

Anggota Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, Koentjahjo Pambudi, mengatakan, ruas tol Tangerang Merak menjadi fokus pemerintah karena menjadi konektifitas terpenting karena Jawa dan Sumatra terhubung berkat tol paling barat di jawa tersebut.

"Pelebaran dilakukan karena kapsitasnya sudah mencapai 80 persen. Sehingga harus, dilakukan pelebaran yang semula hanya 2x2  diperlebar menjadi 2x3, karena disini (tol Tangerang-Merak pertumbuhan lalulintasnya sangat tinggi," kata Pambudi.

https://regional.kompas.com/read/2022/08/05/060303778/persiapan-mudik-2023-tol-tangerang-merak-diperlebar-jadi-tiga-lajur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke