Salin Artikel

Festival Paduan Suara Internasional Akan Digelar di Maumere, Perwakilan 28 Negara Konfirmasi Hadir

KUPANG, KOMPAS.com - International Choir Festival atau Festival Paduan Suara Internasional direncanakan akan digelar di Maumere, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT). Perwakilan dari 28 negara akan hadir dalam kegiatan yang dikemas dengan nuansa pariwisata Pulau Flores itu.

"Ada 1.500 peserta dari 28 negara yang terkonfirmasi sudah pasti hadir dalam acara International Choir Festival yang digelar Bulan Juli 2023," ujar Ketua Komunitas Peduli Pariwisata Flores, Lusia Adinda Lebu Raya, usai beraudiensi dengan Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat, Kamis (4/8/2022).

Kegiatan ini, lanjut Lusia, secara rutin digelar setiap tahun di sejumlah kota-kota besar di Indonesia dan negara lainnya.

Menurut Lusia, selain akan mengikuti kompetisi paduan suara, 1.500 warga negara asing itu juga dijadwalkan akan berwisata ke sejumlah destinasi wisata menarik di Pulau Flores, mulai dari Flores Timur, Sikka, Ende hingga Labuan Bajo di Manggarai Barat.

"Para peserta itu akan dibagi mulai anak-anak usia 13 tahun, remaja hingga tingkat dewasa. Kegiatannya selama empat hari, tapi nanti mereka 10 hari akan berada di Kabupaten Sikka," kata Lusia.

Karena kegiatan paduan suara ini sistem gugur, maka peserta yang gugur itu punya kesempatan yang banyak untuk bisa menikmati sejumlah destinasi wisata menarik di Kabupaten Sikka.

"Kita sudah siapkan sejumlah spot wisata menarik, mulai dari Kabupaten Flores Timur hingga Labuan Bajo, Manggarai Barat," ujar Lusia.

Dia mengatakan, untuk mendukung pariwisata, tidak hanya berpikir bahwa NTT khususnya Pulau Flores itu hanya di Pulau Komodo saja, tetapi juga ada beberapa daerah lainnya seperti di Sikka, Ende dan Flores Timur.

Sehingga, pihaknya menggelar kegiatan tersebut di Kabupaten Sikka, agar obyek wisata lainnya di Pulau Flores bisa dikenal secara luas di mancanegara.


Wakil Ketua Panitia International Choir Festival, Tessa Nurak, mengatakan, untuk menggelar kegiatan itu, pihaknya bekerjasama dengan Bandung Choral Society, sebuah organisasi yang bergerak mengembangkan komunitas paduan suara di Indonesia.

Dalam kegiatan itu, lanjut Tessa, akan ada konser persahabatan, yakni semua anggota paduan suara dari beberapa negara itu akan menyanyikan lagu Gemu Famire yang berasal dari Maumere, Kabupaten Sikka.

"Tentunya lagi ini akan menarik ketika dinyanyikan para wisatawan dengan versi mereka," ujar Tessa.

Tessa berharap, kegiatan ini bisa berjalan dengan baik dan terus digelar secara rutin setiap tahun.

https://regional.kompas.com/read/2022/08/04/224330478/festival-paduan-suara-internasional-akan-digelar-di-maumere-perwakilan-28

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke