Salin Artikel

Jokowi Dijadwalkan ke IKN Pertengahan Agustus, Gubernur Kaltim: "Groundbreaking" Pembangunan Istana

Direncanakan pada pertengahan Agustus ini Presiden Jokowi akan melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking Istana Negara di IKN. Hal ini disampaikan langsung oleh Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor pada Rabu (3/8/2022).

Ia membenarkan bahwa orang nomor satu di Indonesia itu dijadwalkan datang ke IKN pada pertengahan Agustus ini. Hanya saja, dirinya belum mengetahui pasti tanggal berapa Presiden akan datang.

“Ya, tanggal sih belum pasti. Namun, yang jelas pertengahan Agustus ini. Bisa sebelum 17 Agustus atau sesudahnya," ungkap Isran.

Nantinya Presiden akan melakukan peletakan batu pertama di titik nol untuk menandakan dimulainya pembangunan Istana Negara.

"Pak Jokowi secara formal akan melakukan groundbreaking untuk pembangunan istana," tuturnya.

Soal progres pembangunan istana, Isran enggan berkomentar lantaran bukan kewenangannya. Menurut dia, itu ranah Badan Otorita IKN.

"Saya tidak punya kewenangan menjelaskan itu karena itu ada badan Otorita yang melaksanakan. Tapi, itulah informasi yang saya sampaikan," tandasnya.

Sementara itu, Plt Bupati PPU Hamdam mengatakan bahwa saat ini pembangunan infrastruktur di IKN telah dimulai. Beberapa material telah didistribusikan di kawasan pembangunan IKN.

Bahkan, pihaknya melakukan sistem buka tutup jalan antara poros Samboja dan Sepaku.

"Bukan ditutup, tapi kita pakai sistem buka tutup, yakni kendaraan yang diatas 35 ton itu tidak boleh melintas pagi sampai sore, hanya boleh malam. Karena khawatir mengganggu distribusi material ke IKN,” ungkapnya saat ditemui di Dome Balikpapan, Rabu (3/8/2022).

https://regional.kompas.com/read/2022/08/04/131624278/jokowi-dijadwalkan-ke-ikn-pertengahan-agustus-gubernur-kaltim

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke