Salin Artikel

Indonesia Bakal Memilki Traning Center Sepakbola di IKN, Menpora: Diminta Shin Tae-yong

SOLO, KOMPAS.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali memastikan traning center atau pusat pelatihan sepak bola Indonesia bakal segera dibangun di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Rencananya, pemerintah akan menyiapkan tanah seluas 30 atau 50 hektare untuk pembangunan pusat pelatihan sepak bola itu.

"Pak Presiden (Joko Widodo) memberikan arahan pada saya, nanti tim sepakbola kita ada training center di IKN," kata Zainudin Amali di Kota Solo, Rabu (3/8/2022).

Pembangunan training center dicanangkan setelah pertemuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan pelatih sepakbola tim nasional Indonesia, Shin Tae-yong.

"Saat berjumpa dengan coach Shin Tae-yong, yang diminta training center. Tadi kita sudah diperintahkan dan akan kita buat di IKN," jelasnya.

Terkait bocoran pelaksanaan pembangunan, Zainuddin menjelaskan proyek ini akan segera terealisasi, meski baru pada Rabu (3/8/2022) dipanggil ke Istana Negara, Jakarta.

"Secepatnya. Bisa jadi kalau sudah siap tahun ini. Belum tahu kapan. Baru tadi dipanggil Pak Presiden," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan menjelaskan training center bakal memiliki banyak fasilitas untuk menunjang para atlet berlatih.

Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu juga menjelaskan bahwa Presiden Jokowi ingin membangun tujuh lapangan di pusat pelatihan tersebut.

"Rencananya, beliau akan membangun lengkap termasuk mungkin prasarananya seperti kolam renang. Beliau ingin tujuh lapangan," kata Mochamad Iriawan.

Rencana itu terealisasi, Mochamad Iriawan ingin semua kelompok umur tim nasional bisa berlatih di sana.

"Kelompok umur mana yang akan latihan di sana? Saya ingin semuanya karena ada tujuh lapangan kalau jadi dibangun. Itu cukup. Jadi, semua bisa difokuskan di sana," ujarnya.

"Dari bandara juga pakai tol paling lama 30-40 menit. Sesuai regulasi internasional, tidak ada masalah kalau (jarak tempuh ke pusat pelatihan) 40 menit karena maksimal satu jam." lanjutnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/08/03/215142478/indonesia-bakal-memilki-traning-center-sepakbola-di-ikn-menpora-diminta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke