Salin Artikel

Bayi Laki-laki Ditemukan Terbungkus Plastik Dalam Selokan di Maluku

AMBON, KOMPAS.com - Sesosok bayi yang baru saja dilahirkan ditemukan di dalam sebuah selokan di dekat kebun warga di kawasan BTN Waitatiri, Desa Suli, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku, Rabu (3/8/2022).

Bayi laki-laki yang diketahui masih hidup tersebut ditemukan terbungkus kantong plastik dengan ari-ari yang masih menempel di tubuh sang bayi.

Kepala Seksi Humas Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease, Ipda Moyo Utomo mengatakan, bayi tersebut pertama kali ditemukan oleh Agusthinus Soumeru (58), warga setempat, saat akan membersihkan rumput di kebun singkong miliknya.

“Bayi laki-laki ini ditemukan terbungkus kantong palstik di dalam selokan di dekat kebun singkong warga sekira pukul 09.50 WIT pagi tadi,” kata Moyo Utomo kepada wartawan, Rabu.

Moyo mengatakan, awalnya Agusthinus Soumeru mendengar suara mirip burung sedang berkicau. Karena penasaran, ia lalu mencari sumber suara itu dan ternyata bunyi tersebut berasal dari bungkusan plastik warnah putih di dalam selokan.

Karena penasaran, saksi kemudian kembali ke rumah memanggil istri dan anaknya untuk melihat isi bungkusan tersebut. Setelah dibuka, bungkusan kantong plastik itu ternyata berisi bayi laki-laki yang masih hidup.

“Saksi ini awalnya mengira itu ayam potong, namun setelah diperiksa bersama istri dan anaknya ternyata bungkusan itu berisi bayi,” ujarnya.

Menurut Moyo, saat itu Agustinus bersama istri dan anaknya langsung membawa bayi tersebut ke rumah mereka untuk merawat dan membersihkan tubuh sang bayi.


Penemuan bayi tersebut selanjutnya dilaporkan ke polisi dan setelah itu polisi langsung datang ke rumah Agustinus. Beberapa saat kemudian, salah satu bidan kampung juga ikut mendatangi rumah tersebut dan kemudian membersihkan ari-ari yang masih menempel di tubuh bayi.

“Setelah itu bayi tersebut dibawa ke Rumah Sakit Hative Kecil di Passo untuk ditangani secara medis,” katanya.

Terkait penemuan bayi tersebut, Moyo Utomo memastikan bahwa bayi itu sengaja dibuang oleh orangtuanya yang tidak menginginkan bayi tersebut. Polisi saat ini masih menyelidiki identitas dari orangtua bayi malang tersebut.

“Hingga saat ini belum dapat dipastikan siapa orangtua yang tidak bertanggung jawab yang telah membuang bayi berjenis kelamin laki-laki tersebut,” ungkapnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/08/03/170422078/bayi-laki-laki-ditemukan-terbungkus-plastik-dalam-selokan-di-maluku

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke