Salin Artikel

Musim Kemarau, Warga Jayapura Diimbau Hemat Penggunaan Air Bersih

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Jayapura Asep Khalid mengingatkan, debit air akan berkurang saat memasuki puncak kemarau.

BPBD Kota Jayapura sudah berkoordinasi dengan Perusahaan Daerah Air Minum Jayapura terkait kebutuhan air bersih warga.

"Kami anjurkan kepada masyarakat untuk menggunakan air sebaik mungkin dan kalau bisa dibuat bak penampungan," kata Asep di Jayapura, seperti dikutip dari Antara, Selasa (2/8/2022).

Asep akan berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup Kota Jayapura untuk mengantisipasi potensi kebakaran hutan yang terjadi saaat musim kemarau.

"Harus ada pengawasan terhadap hutan, terutama di daerah hulu supaya jangan ada yang menebang pohon. Harapannya pasokan air tetap terjaga," ujarnya.

Tim pemadam kebakaran di Jayapura juga telah menyiapkan kendaraan dan peralatan untuk menangani kebakaran di permukiman atau hutan.

BPBD Kota Jayapura, kata Asep, juga membentuk tim reaksi cepat, yang terdiri dari sejumlah relawan, untuk memantau situasi di kota tersebut.

"Anggota kami tersebar di lima distrik di Kota Jayapura. Jika ada bencana, mereka cepat tanggap memberikan informasi kepada kami agar secepatnya diatasi," katanya.

https://regional.kompas.com/read/2022/08/02/132757978/musim-kemarau-warga-jayapura-diimbau-hemat-penggunaan-air-bersih

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke