Salin Artikel

Antisipasi Banjir Lewat di Huntap Tondo, Warga Buat Bendungan dari Karung yang Diisi Pasir

Ketua RT 03 RW 17 Helmi As'ari mengatakan, saat ini warga sedang mengisi karung dengan pasir untuk membendung air dari pengunungan di atas huntap.

"Sudah 25 karung yang kita isi dengan pasir ini. Nanti besok kita lanjutkan lagi isi karungnya, karena saya lihat warga sudah kelelahan," kata Helmi, Senin (1/8/2022).

Menurutnya pasir dan karung ini merupakan bantuan yang diberikan oleh Dinas PU Kota Palu.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palu, Presley Tampubolon mengatakan luncuran air dari atas pegunungan yang melewati huntap Tondo itu berasal dari alur alur alam yang membentuk cekungan.

Saat terjadi hujan deras, cekungan itu kemudian terisi oleh air hujan. Karena debit airnya tinggi, air kemudian mengalir ke dataran yang lebih rendah.

"Sekarang sudah dibuatkan skema untuk membuat alur irigasi sampai pembuangan yang menjauhi huntap," kata Presley.

"Kita juga sudah mendiskusikan dengan pak wali, kita harus membuat tambahan drainase lagi sampai kepada layout dibagian hilir, jangan sampai masuk ke kawasan huntap terutama blok P, Q, R dan S yang paling parah terkena banjir, " ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, huntap yang dibangun untuk penyintas bencana alam ini, Minggu, 31 Juli 2022, sekitar pukul 14.30 dilewati derasnya air yang mengalir dari atas pegunungan.

Peristiwa ini sudah kali kedua terjadi. Namun banjir tahun ini merupakan banjir terparah dari sebelumnya. Data BPBD Kota Palu sebanyak 47 unit rumah dengan 182 jiwa terdampak banjir.

https://regional.kompas.com/read/2022/08/02/053300278/antisipasi-banjir-lewat-di-huntap-tondo-warga-buat-bendungan-dari-karung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke