Salin Artikel

Presiden Jokowi Dipastikan Hadiri Upacara Penutupan ASEAN Para Games 2022 di Solo

Penutupan APG 2022 rencananya tetap akan dilaksanakan di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, pada Sabtu (6/8/2022) malam.

Ketua Pelaksana Indonesia National Paralympic Organization Comittee (INASPOC), Gibran Rakabuming Raka memastikan kehadiran Presiden Jokowi dalam penutupan Pesta Olahraga Difabel Asia Tenggara 2022.

"Iya (Bapak Presiden Jokowi) yang akan menutup (ASEAN Para Games)," kata Gibran di Solo, Jawa Tengah, Senin (1/8/2022).

Wali Kota Solo ini juga mengatakan konsep upacara penutupan APG akan berbeda dengan pada saat pembukaan.

Kendati demikian, putra sulung Presiden Jokowi ini masih merahasiakan konsepnya tersebut. "Closingnya berbeda," ucap Gibran.

Mengenai jumlah penonton yang diundang sebanyak 10.000 orang. Sehingga akan ada tiket baru bagi warga yang ingin menyaksikan penutupan.

"Sebisa mungkin dari ticketing itu orangnya beda. Untuk pemerataan. Ben sik ora isoh delok pembukaan isoh delok sisuk penutupan (biar yang tidak bisa menonton pembukaan bisa menonton besok penutupan)," kata Gibran.

Direktur III Games Support APG 2022, Henry Indrayani Oka mengatakan, telah melakukan berbagai persiapan untuk upacara penutupan APG pekan ini.

Menurut dia ada beberapa catatan kecil yang menjadi evaluasi panitia pada upacara pembukaan APG 2022 kemarin.

Hanya saja dirinya enggan menyampaikan catatan kecil yang menjadi bahan evaluasi tersebut. Namun, pihaknya berjanji kekurangan yang terjadi dalam upacara pembukaan akan dimaksimalkan pada pentupan.

"Dengan harapan dengan closing nanti doakan lebih meriah," kata Henry. Menurut dia protokol kesehatan penonton pada upacara pentupan akan lebih diperketat.

"Kami akan evaluasi mengenai tempat duduknya terus ada protokol kesehatan yang baru. Dari APSF akan kita perjelas lagi kan ada persyaratan di ring 2. Nanti akan kita clear-kan dulu protokol Covid-nya dengan APSF. Kami upayakan masyarakat bisa sama-sama ikut menikmati," terang dia.

Dia menambahkan penutupan APG akan dihadiri oleh Presiden Jokowi. "Konfirmasinya hadir (Presiden Jokowi)," terangnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/08/01/184000878/presiden-jokowi-dipastikan-hadiri-upacara-penutupan-asean-para-games-2022

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke