Salin Artikel

Viral, Video Polwan di Flores Timur Selamatkan Pencuri yang Nyaris Diamuk Warga

Dalam video itu, tampak terduga pelaku tidak mengenakan baju. Beberapa pria juga terlihat berusaha memegang pelaku agar tidak melarikan diri.

Situasi nyaris tak terbendung ketika banyak warga mengerumuni pelaku.

Beruntung, seorang anggota polisi wanita (Polwan) berhasil meredam situasi dan menyelamatkan pelaku dari amukan masa.

Setelah ditelusuri, peristiwa itu terjadi di Kelurahan Ekasapta, Kecamatan Larantuka, Kabupaten Flores Timur.

Penjelasan polisi

Kepala Seksi Hubungan Masyarakat Kepolisian Resor (Polres) Flores Timur Ipda Anwar Sanusi mengatakan, peristiwa itu terjadi pada Jumat (29/7/2022)

"Kejadiannya kemarin sekitar pukul 14.00 Wita. Pelakunya adalah S alias Syaripudin (54), warga Kabupaten Ogan Ilir, Provinsi Sumatra Selatan. Selama beberapa hari ini menetap di Larantuka," ujar Sanusi saat dihubungi, Sabtu (30/7/2022).

Sanusi menerangkan, peristiwa itu bermula ketika pelaku hendak mencuri dompet milik Felianus Paulus Wolo, warga Maumere, Kabupaten Sikka, di dalam sebuah mobil boks.


Pelaku, kata dia, melakukan aksinya dengan mencungkil pintu mobil samping kiri menggunakan kunci T.

"Korban melihat pelaku dan merasa curiga. Lalu mendekati dan langsung menangkap pelaku. Kemudian warga yang ada di lokasi berdatangan dan mengamankan pelaku," jelasnya.

Diamankan polwan

Saat kejadian, terang Sanusi, seorang Polwan bernama Bripka Ayu Widiastari yang sedang melintas ruas jalan tersebut melihat sejumlah warga sedang berkerumun.

Ia langsung menuju tempat kejadian perkara (TKP) dan berusaha mengamankan pelaku dari amukan warga.

Selanjutnya, Ayu langsung menghubungi Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Flores Timur untuk melaporkan kejadian tersebut.

"Aparat kemudian ke TKP dan langsung mengamankan pelaku. Selanjutnya (pelaku) dibawa ke Polres untuk diamankan," ujarnya.

Sanusi menambahkan, seorang jurnalis inisial AB juga turut membantu mengamankan dan membawa pelaku ke Polres Flores Timur.

Kejadian Polwan mengamankan pelaku yang nyaris diamuk itu direkam oleh seorang warga hingga videonya viral di media sosial.

https://regional.kompas.com/read/2022/07/30/101843278/viral-video-polwan-di-flores-timur-selamatkan-pencuri-yang-nyaris-diamuk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke