Salin Artikel

3 Kota Terbaik untuk Pelajar di Indonesia Versi QS, Bandung Ungguli Jakarta dan Surabaya

KOMPAS.com - Lembaga pemeringkatan universitas di dunia, Quacquarelli Symonds (QS) baru saja merilis daftar kota terbaik untuk pelajar di dunia pada Rabu (29/6/2022).

Dalam daftar tersebut, QS memasukkan 140 kota di dunia yang disebut layak dijadikan sebagai tempat bersekolah atau belajar.

Dilansir dari laman resmi QS, London menjadi kota terbaik di dunia untuk para pelajar dengan hasil penilaian sempurna yakni 100.

Posisi selanjutnya diisi oleh Munich dengan skor 95,1, Seoul mendapat nilai 95,1, Zurich dengan nilai 95, dan Melbourne yang mencapai skor 93,3.

Kemudian, Berlin, Tokyo, Paris, Sydney, dan Edinburgh menduduki peringkat enam hingga sepuluh dalam daftar kota terbaik untuk pelajar di dunia 2022 versi QS.

Sementara itu, tiga kota besar di Indonesia juga masuk dalam kategori tersebut, yakni Bandung, Jakarta, dan Surabaya.

Ada beberapa indikator penilaian yang digunakan QS dalam menyusun daftar kota terbaik untuk pelajar di dunia, yakni:

  • University Rankings

Indikator penilaian ini merujuk pada jumlah kampus di suatu kota yang masuk dalam daftar universitas terbaik di dunia versi QS World University Rankings (WUR).

Selain jumlah, peringkat universitas dalam daftar tersebut pun menjadi acuan untuk menilai seberapa layak kota tempat kampus itu berdiri bagi para pelajar.

  • Student Mix

Indikator selanjutnya adalah student mix, yakni jumlah mahasiswa di kota tersebut, baik yang berasal dari dalam negeri maupun luar negeri.

  • Desirability

Keamanan juga menjadi acuan dalam menentukan suatu kota layak atau tidak bagi para pelajar.

Bahkan, tingkat polusi di kota tersebut pun menjadi bahan penilaian untuk menentukan peringkatnya dalam daftar kota terbaik untuk pelajar di dunia.

  • Employer Activity

Ketersediaan lapangan pekerjaan di kota tersebut pun menjadi salah satu indikator penilaian.

Selain itu, QS juga melakukan survei kepada para pengusaha mengenai kualitas lulusan universitas yang ada di kota-kota tersebut.

  • Affordability

Pada kategori affordability, penilaian diukur dari biaya kuliah dan biaya hidup siswa selama tinggal di kota tersebut.

  • Student Voice

Kategori student voice didasarkan pada pendapat pelajar tentang keramahan kota, keberlanjutan, dan keragaman. Selain itu, proporsi mereka yang tinggal di kota setelah lulus juga jadi penilaian dalam kategori ini.

Berikut ini, 3 kota terbaik untuk pelajar di Indonesia 2022 menurut QS:

1. Bandung (120): 39,4

2. Jakarta (124): 37,5

3. Surabaya (126): 37,2

https://regional.kompas.com/read/2022/07/29/114503278/3-kota-terbaik-untuk-pelajar-di-indonesia-versi-qs-bandung-ungguli-jakarta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke