Salin Artikel

[POPULER NUSANTARA] Minibus Tabrak Truk di Tol Lampung | 9 Penumpang Odong-odong Tewas Tertabrak Kereta Api

Kecelakaan diduga disebabkan karena sopir mengantuk. Akibat kecelakaan tersebut, dua orang dinyatakan tewas.

Sementara itu di Serang, Banteng sebuah odong-odong yang membawa lebih dari 25 penumpang ditabrak kereta api pada Selasa (16/7/2022).

Kecelakaan terjadi di pelintasan kereta Desa Silebu, Kecamatan Kragilan, Kabupaten Serang, Banten.

Akibat kecelakaan tersebut, 9 orang dinyatakan tewas.

Dua berita tersebut menjadi perhatian pembaca Kompas.com dan berikut lima berita populer Nusantara selengkapnya:

1. Kecelakaan di Tol Lampung

Diduga sopir mengantuk saat melaju di jalur cepat, sebuah minibus oleng dan menabrak truk di jalan Tol Lampung pada Selasa (26/7/2022) pukul 11.00 WIB.

Akibat kecelakaan tersebut dua orang dinyatakan tewas.

Lokasi kecelakaan di jalan tol Lampung jalur B yang menuju arah Bakauheni, di Desa Rulung Helok, Kecamatan Natar tepatnya di di KM 102+200 jalur B jalan tol Lampung ruas Bakauheni - Terbanggi Besar (Bakter)

Kecelakaan ini melibatkan sebuah Avanza BE 1699 WW dan satu unit truk yang belum diketahui identitasnya.

Saat melintas, mobil oleng ke kiri dan menabrak truk fuso yang ada di jalur lambat.

Namun truk tersebut melarikan diri. Dua orang penumpang mobil meninggal dunia. Sementara sopir dan satu penumpangnya luka berat.

Kecelakaan terjadi saat odong-odong melintas di pelintasan tanpa palang pintu. Secara bersamaan, kereta dari arah Merak menuju Rangkasbitung melintas.

Odong-odong tersebut membawa 20 orang penumpang dari warga Cibetik, Kecamatan Walantaka, Kota Serang.

Para korban meninggal sudah dievakuasi ke RSUD dr Drajat Prawiranegara Serang, sedangkan korban luka-luka dievakuasi ke puskesmas dan RS Hermina.

Ia bercerita ada dua odong-odong penuh kereta hendak melintasi rel kereta api di Desa Silebu. Odong-odong pertama berhasil melewati rel.

Sementara itu, kendaraan kedua tidak sempat melintas karena berhenti di tengah pelintasan hingga kereta yang melintas menghantam bagian belakang kendaraan tersebut.

"Mobil odong-odong kedua itu udah ragu, tapi maksain. Padahal, itu klakson kereta sudah bunyi dari jauh," kata Hari

Kepala Polisi Resor (Kapolres) Ketapang AKBP Yani Permana mengatakan, tersangka dijerat dengan Undang-Undang Perlindungan Anak.

GK ditetapkan sebagai tersangka dan ditangkap saat berupaya melarikan diri ke Palangkaraya, Kalimantan Tengah (Kalteng).

GK digerebek istrinya sendiri saat berduaan di dalam kamar dengan remaja putri di kamar. Saat itu, GK pamit ke istrinya hendkaak ke rumah kerabatnya.

Ia kemudian dilaporkan istrinya ke polisi pada Jumat (15/7/2022).

Hal ini menyebabkan munculnya fenomena embun es (frost) di sejumlah titik berketinggian di atas 500 mdpl.

"Embun es ini terjadi saat pagi hari sebelum matahari terbit di sekitar Bromo dan Ranu Pani," kata Kepala Sub Bagian Data Evaluasi Pelaporan Hubungan Masyarakat Balai Besar TNBTS Syarif Hidayat, Senin (25/7/2022).

Syarif menyebutkan, penurunan suhu udara bahkan mencapai 6 hingga 2 derajat celsius. Fenomena embun es terjadi setiap tahun pada rentang waktu Juli hingga Agustus.

"Seiring dengan fenomena ini, BB TNBTS mengimbau pengunjung mempersiapkan baju hangat yang memadai, seperti jaket dan sarung tangan. Kemudian makanan, minuman, dan obat-obatan untuk mengantisipasi kebutuhan fisik," tutur dia.

SUMBER: KOMPAS.com (Penulis: Tri Purna Jaya, Rasyid Ridho, Hendra Cipta | Editor : Reni Susanti, David Oliver Purba, Teuku Muhammad Valdy Arief, Robertus Belarminus, Pythag Kurniati)

https://regional.kompas.com/read/2022/07/27/055500478/-populer-nusantara-minibus-tabrak-truk-di-tol-lampung-9-penumpang-odong

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke