Salin Artikel

Jelang Otopsi Ulang Jenazah Brigadir J di RSUD Sungai Bahar, Kapolda Jambi: Semoga Berjalan Lancar

KOMPAS.com - Kapolda Jambi Irjen Polisi A. Rachmad Wibowo tinjau langsung persiapan otopsi ulang Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J, Minggu (24/7/2022).

Saat itu Kapolda Jambi bertemu langsung dengan Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sungai Bahar, Muaro Jambi.

"Saya sudah bertemu langsung dengan Kepala Rumah Sakit Daerah Sungai Bahar dan mengecek seluruh lokasi dan persiapan ruangan. Sudah tersedia dengan baik, semoga pelaksanaan otopsi hari Rabu (27/7) berjalan lancar," kata Rachmad Wibowo, dilansir dari Antara.

Dalam kesempatan itu, Rachmad juga memastikan soal pengamanan dan lokasi bagi wartawan.

Kapolda Jambi beserta rombongan menuju rumah keluarga Brigadir Yosua Hutabarat untuk bersilahturahim dan menghadiri doa bersama.

Pengacara keluarga Brigadir J, Kamaruddin Simanjuntak, menjelaskan, pelaksanaan otopsi ulang tidak mungking dilakukan di makam.

Hal ini mengingat akan kondisi makam yang sempit. Lalu, pelaksanaan otopsi akan dilakukan di RSUD Sungai Bahar. 

Selain itu, ada kerabat Brigadir J yang akan mengikuti proses otopsi ulang tersebut. 

"Ya. Tujuh orang dari keluarga nanti terlibat dalam proses autopsi. Jadwalnya Rabu pukul 10.00 WIB," katanya, Senin (25/7/2022).

Sebelumnya, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menyatakan, ada satu dokter forensik TNI yang masuk dalam tim pelaksanaan otopsi ulang itu.

Dokter berinisial F tersebut, kata Andika, bertugas di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta.

“Saya, TNI, siap membantu dan kita pasti hadirkan dokter-dokter maupun semua perangkat medis yang diperlukan yang terbaik, karena ini adalah misi kemanusiaan,” kata Andika di Markas Komando Lintas Laut Militer, Jakarta Utara.

Selain itu, Andika juga sempat memerintahkan dokter forensik TNI yang terlibat dalam otopsi ulang Brigadir J untuk menjaga kredibilitas dan integritas dalam misi kemanusiaan itu.

(Penulis : Kontributor Jambi, Suwandi | Editor : Gloria Setyvani Putri) 

https://regional.kompas.com/read/2022/07/25/133723978/jelang-otopsi-ulang-jenazah-brigadir-j-di-rsud-sungai-bahar-kapolda-jambi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke