Salin Artikel

Waspada, Ada Potensi Gelombang Tinggi 6 Meter di Selat Sunda dan Perairan Selatan Banten

SERANG, KOMPAS.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan tinggi gelombang tinggi di Selat Sunda dan Perairan Selatan Banten.

Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Klas 1 Serang Tarjono mengatakan, gelombang tinggi 4-6 meter berpotensi terjadi mulai dari Senin (25/7/2022) pukul 07.00 WIB hingga Selasa (26/7/2022) pukul 07.00 WIB.

"Peringatan dini gelombang tinggi, berlaku 25-26 Juli 2022 di Selat Sunda bagian Selatan, Selatan Banten dan Samudra Hindia Selatan Banten," kata Tarjono saat dikonfirmasi Kompas.com, Senin (25/7/2022).

Sementara itu, gelombang di Selat Sunda bagian Utara masih aman termasuk dengan aktivitas perlayaran kapal roro rute Pelabuhan Merak- Pelabuhan Bakauhuni ataupun sebaliknya.

Adapun gelombang di Selat Sunda bagian Utara berpotensi terjadi 0,50 sampai 1,25 meter.

Dijelaskan Tarjono, gelombang tinggi berpotensi terjadi diakibatkan adanya pusat pertemuan angin di sebelah barat Sumatra.

Untuk itu, BMKG mengimbau kepada masyarakat yang akan beraktivitas di laut seperti nelayan dan yang berada di pesisir untuk mewaspadainya.

"Untuk Masyarakat yg beraktivitas di laut, agar waspada dan berhati-hati, update terus informasi cuaca dan gelombang dari BMKG," tandas Tarjono.

https://regional.kompas.com/read/2022/07/25/125240078/waspada-ada-potensi-gelombang-tinggi-6-meter-di-selat-sunda-dan-perairan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke