Salin Artikel

Cerita Siswa SMA Asal Cirebon Menangkan Olimpiade Matematika di Norwegia

KOMPAS.com - Sandy Kristian Waluyo, adalah salah satu dari enam siswa SMA dari Indonesia berhasil memenangkan olimpiade matematika internasional di Oslo, Norwegia, 6-16 Juli 2022 lalu.

Sandi merupakan siswa SMAK BPK Penabur, Kota Cirebon, Jawa Barat yang memperoleh nilai 28 dengan raihan berupa medali perunggu.

Dalam ajang “International Mathematical Olympiad” (IMO), perwakilan Indonesia berhasil meraih sejumlah medali dan honorable mention.

Sandi bercerita bahwa sebanyak 104 negara dengan total 589 peserta mengikuti ajang IMO yaitu olimpiade matematika dan science tingkat tertinggi dan tertua di dunia.

“Ini tahun pertama dilakukan tatap muka setelah daring di tahun 2020 dan 2021 karena Covid-19. Kami sangat bersyukur sekali, dan banyak terima kasih kepada semua pihak,” kata Sandy dikutip dari Kompas.com, Sabtu (23/7/2022).

Tidak hanya Sandy, lima rekan lainnya juga meraih medali yaitu Rafael Kristoforus Yanto dari SMAK Penabur Jakarta meraih medali perak.

Sementara medali perunggu juga diperoleh Maulana Satya Adigama dari SMA Taruna Nusantara Magelang, Evelyn Lianto dari SMAK Mawar Sharon Surabaya, dan Vanya Priscillia dari SMAK Petra 2 Surabaya.

Kemudian Andrew Daniel Janong dari SMAK 5 Penabur Jakarta meraih honorable mention.

Sandy menceritakan pengalamannya saat berkompetisi tiap satu hari tes, mereka mengerjakan tiga soal dalam waktu 4,5 jam.

Soal yang diberikan yaitu berbagai soal matematika seputar topik yaitu aljabar, kombinatorika, geometri dan teori bilang.

Sementara nilai hasil tes sebagai penentuan siswa mendapatkan jenis medali. Nilai 23 untuk medali perunggu, nilai 29 untuk medali perak, dan nilai 35 untuk medali emas.

“Saya mendapatkan nilai 28 memperoleh perunggu. Satu angka lagi untuk mendapatkan perak,” tambah Sandy.

Sandy mengungkapkan sangat bersyukur telah melalui proses ini dengan baik. Dia menargetkan tahun depan mendapatkan perolehan lebih baik lagi.

Dia mengucapkan banyak terimakasih untuk orang tua, keluarga, pihak sekolah, tim Indonesia, dan seluruh pihak yang memberi dukungan.

Gunawan, Kepala SMAK BPK Penabur, menyampaikan rasa bangga terhadap capaian Sandy karena telah melewati berbagai proses mulai dari kota, provinsi, hingga nasional dengan berbagai kesulitan dan tahapan masing-masing.

“Tiap tahun seleksi. Dari tingkat kota dulu, biasanya tiap sekolah mengirimkan tiga orang peserta. Sandy terpilih mewakili kota di tingkat Provinsi Jawa Barat. Sandy berkompetisi dengan seluruh perwakilan sekolah se-Jawa Barat dan berhasil menuju tingkat nasional,” kata Gunawan.

Di tingkat nasional, sambung Gunawan, Sandy kembali berkompetisi untuk masuk 30 besar. Setelah masuk 30 besar, Sandy ikut seleksi lagi 10 besar, lalu hanya dicari enam besar untuk mewakili Indonesia di Oslo, Norwegia.

Sumber: Kompas.com (Penulis Kontributor Kompas TV Cirebon, Muhamad Syahri Romdhon | Editor Priska Sari Pratiwi)

https://regional.kompas.com/read/2022/07/24/195258378/cerita-siswa-sma-asal-cirebon-menangkan-olimpiade-matematika-di-norwegia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke