Salin Artikel

Sandiaga Uno Harap ASEAN Para Games di Solo Membangkitkan Pariwisata dan Ekonomi Indonesia

SOLO, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengikuti torch relay atau pawai obor ASEAN Para Games 2022 di Kota Solo, Jawa Tengah, Minggu (24/7/2022).

Tampak Sandiaga Uno, Ketua Pelaksana Indonesia ASEAN Para Games Organizing Committee (INASPOC) Gibran Rakabuming Raka, bersama rombongan lainya, secara bergantian membawa obor Api Abadi Mrapen, di Grobogan, Jawa Tengah.

Rombongan berjalan dari titik start, kawasan Purwosari, Kota Solo, sekitar pukul 05.30 WIB. Kemudian, berlari kearah Stadion Sriwedari.

Sesampainya di Stadion Sriwedari, rombongan berkeliling lapangan terlebih dahulu.

Saat berkeliling stadion disaksikan masyarakat Kota Solo yang memadati tribun penonton.

Kemudian, api secara simbolis diserahkan secara estafet kepada Ketua National Paralympic Committee (NPC) Indonesia Senny Marbun dari Menparekraf.

Setelah penyerahan, kemudian adanya hiburan tarian dan reog menghibur para kontingen atlet, ofisial dan masyarakat Solo.

Pawai obor kemudian dilanjutkan ke Balai Kota Solo, penyerahan api obor secara estafet ke atlet Rizal Bagus Setiono.

"(Pawai obor) meneruskan bersama para atlet dan para atlet ini ditargetkan siap semua jadi juara umum. Selamat atas penyerangan event ASEAN para games 2022 mudah-mudahan menebar harapan dan semangat," kata kata Sandiaga Uno di Stadion Sriwedari, Minggu (24/7/2022).

Sandiaga Uno mengatakan adanya event internasional ini diharapkan dapat membangkitkan beberapa sektor penggerak ekonomi di Indonesia.


Mengingat pemulihan pasca pandemi saat ini digencarkan oleh pemerintah.

"Yang terpenting juga masyarakat bisa mulai memberikan support karena kami akan menyambut 1.800 atlet dari mancanegara. Kita harapkan menjadi kebangkitan bukan hanya olahraga kita, tapi juga kebangkitan pariwisata dan ekonomi Kota Solo Jawa Tengah dan Indonesia," ujar dia.

Sandiaga mengatakan, sesuai arahan presiden, dirinya ditugaskan untuk mengawal event ASEAN Para Games, demi untuk mendongkrak destinasi pariwisata di Indonesia.

"Dan juga mendongkrak penjualan omzet produk ekonomi kreatif kita. Kami lihat tadi kerajinan dan juga reog di tampilkan. Ini satu kesatuan kami fokuskan sebagai awal kebangkitan," ujar dia.

Ketua Pelaksana Indonesia ASEAN Para Games Organizing Committee (INASPOC) Gibran Rakabuming Raka, mengatakan, saat pawai obor antusias warga kota Solo sangat tinggi.

"Iya tadi apik (bagus), ramai antusias warga. Tadi lari sampai finish," kata Gibran.

https://regional.kompas.com/read/2022/07/24/100218378/sandiaga-uno-harap-asean-para-games-di-solo-membangkitkan-pariwisata-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke