Salin Artikel

"Pak Jokowi, Batalkan Kenaikan Tiket Masuk Taman Nasional Komodo"

Presiden Jokowi diketahui tengah berkunjung ke Labuan Bajo meresmikan Bandara Komodo dan meninjau Sistem Pengelolaan Air Minum (SPAM) Wae Mese II di hari kedua, Jumat (22/7/2022).  

"Kami memohon Bapak Jokowi membatalkan rencana kenaikan harga tiket masuk Taman Nasional Komodo yang rencananya mulai diberlakukan per 1 Agustus 2022," ujar Ketua Astindo Labuan Bajo Ignasius Suradin kepada Kompas.com, Jumat (22/7/2022).

Suradin mengapresiasi kunjungan Jokowi ke Labuan Bajo yang menjadi destinasi pariwisata super premium. 

Namun ia mengingatkan bahwa rencana kenaikan harga tiket masuk TN Komodo itu telah menimbulkan kegaduhan di masyarakat sekitar.

Suradin juga meminta agar pengelolaan TN Komodo tak diserahkan ke pihak ketiga. Ia juga mendesak agar Jokowi mencabut semua izin perusahaan swasta yangs udah mengkapling-kaplingkan TN Komodo. 

"Kami juga meminta Presiden Jokowi mencopot Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup RI karena melakukan MoU dengan Pemprov NTT tanpa memiliki dasar hukumnya," katanya. 

Sebelumnya, Jokowi menginginkan keseimbangan antara konservasi dan pariwisata di kawasan TN Komodo.

"Ini, jadi kita ingin konservasi. Tetapi kita juga ingin ekonomi lewat wisatawan. Ini harus seimbang," kata Jokowi saat berkunjung ke Pulau Rinca, Kamis (21/7/2022) siang.

Menurutnya, konservasi telah disepakati di wilayah tertentu.

"Di Labuan Bajo ini beruntung karena komodo tidak hanya hidup di satu pulau. Ada di Pulau Rinca Komodo, dan Padar. Yang konservasi itu sudah sepakat di Pulau Komodo dan Padar," ujarnya. 

https://regional.kompas.com/read/2022/07/22/124159978/pak-jokowi-batalkan-kenaikan-tiket-masuk-taman-nasional-komodo

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke