Salin Artikel

Pulang dari Tanah Suci, Satu Jemaah Haji Asal Jepara Positif Covid-19

BOYOLALI, KOMPAS.com - Satu dari 359 jemaah haji asal Kabupaten Jepara, Jawa Tengah yang pulang dari tanah suci dinyatakan positif Covid-19.

Hal ini diketahui setelah petugas Debarkasi Solo, Jawa Tengah mengambil sampel swab antigen para jemaah haji di Asrama Haji Donohudan Boyolali.

Diketahui, jemaah haji tergabung dalam kelompok terbang (kloter) tiga tersebut tiba di Debarkasi Solo pada 17 Juli 2022.

"Hasilnya antigen reaktif lalu dilakukan swab PCR dan positif tanpa gejala," kata Koordinator Humas PPIH Debarkasi Solo, Sarip Sahrul Samsudin di Boyolali, Jawa Tengah, Kamis (21/7/2022).

Satu jemaah yang dinyatakan positif tanpa gejala itu, kata Sarip, sudah ditangani oleh tim kesehatan kabupaten setempat.

"Sudah dilakukan karantina mandiri dengan tim kesehatan daerah," ungkap dia.

Hingga saat ini jumlah jemaah haji yang tiba di Tanah Air melalui Debarkasi Solo sudah ada 9 kloter dengan jumlah 3.234 orang.

Mulai kloter 9, semua jemaah yang masuk Asrama Haji Donohudan sebelum diserahterimakan menjalani swab antigen.

Pemeriksaan swab antigen secara keseluruhan ini baru yang pertama pascatemuan kasus positif Covid-19 satu jemaah pada kloter tiga.

"Untuk secara keseluruhan di-swab antigen ini merupakan hari yang pertama. Di mana kita mulai dari kloter 9 ini kita ambil swab secara keseluruhan," terangnya.

Sarip juga menyampaikan untuk jumlah jemaah haji yang meninggal dunia baik pada saat pemberangkatan maupun pemulangan hingga Kamis (21/7/2022) tercatat ada sebanyak 14 orang.

Para jemaah yang meninggal dunia ini semuanya telah dimakamkan di Mekkah.

"Jemaah haji kita yang wafat sampai saat ini 14 orang. Terakhir dari kloter delapan asal Kudus. Penyebab wafatnya karena digestive desease dan dimakamkan di Sharae Mekkah," kata Sarip.

https://regional.kompas.com/read/2022/07/21/225305978/pulang-dari-tanah-suci-satu-jemaah-haji-asal-jepara-positif-covid-19

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke